IBL

Satya Wacana Salatiga berhasil mengatasi perlawanan NSH Jakarta. Mereka menang dengan skor 89-77 di C-Tra Arena, Bandung, Minggu, 19 Januari 2020. Dengan itu, Satya Wacana menyapu bersih IBL 2020 Seri II Bandung dengan rekor menang-kalah 2-0. Mereka bangkit dari keterpurukan setelah kalah tiga kali beruntun pada Seri I Semarang.

Christopher Sterling mencetak 29 poin dan 7 asis untuk Satya Wacana. Hal Shane Heyward dobel-dobel 26 poin dan 14 rebound. Henry Lakay 14 poin.

Sementara itu, NSH mengandalkan Michael Glover yang mencetak 31 poin dan 11 rebound. Jordan Andrews 18 poin dan 19 rebound. Lutfi Koswara 14 poin dari bangku cadangan. Namun, NSH tampil tanpa diperkuat Dashaun Wiggins sehingga mereka bermain dengan dua asing saja.

Satya Wacana sendiri memenangi pertandingan dengan memanfaatkan momentum pada kuarter empat. Mereka sempat dibayang-bayangi NSH, tetapi berhasil bangkit untuk melebarkan kembali skor. Menurut Kepala Pelatih Efri Meldi, timnya bisa melakukan itu karena Montrell Williams. Pemain asing Satya Wacana tersebut hanya mencetak 9 poin, 2 rebound, dan 1 steal. Hanya saja kontribusinya pada saat genting membuat timnya naik. 

Satya Wacana mendominasi pertandingan pada kuarter satu. Mereka mampu memanfaatkan ketiadaan Wiggins dengan unggul 10 poin (25-15). Tembakan-tembakan Sterling saat itu tidak pernah meleset. Ia memasukkan 4 dari 4 tembakan yang kemudian berbuah 10 poin.

Pada kuarter berikutnya, Satya Wacana masih unggul atas NSH. Mereka memimpin dengan skor 46-34. Selisih mencapai 12 poin.

Meski tertinggal, NSH tidak juga menyerah. Mereka perlahan-lahan bangkit. NSH mulai mendekat. Mereka memangkas selisih 12 poin menjadi 4 saja. Lutfi sempat mencetak tripoin penting untuk NSH pada sisa waktu 33 detik kuarter tiga. Skor sementara 65-61 untuk keunggulan Satya Wacana.

Memasuki kuarter empat, pertandingan berubah sengit. NSH sempat mendekat dengan skor 64-65. Namun, Satya Wacana berhasil mengatasi perlawanan. Tim asal Jawa Tengah itu mulai menjauh lagi.

Pada sisa waktu tiga menit, Satya Wacana rupanya semakin kukuh. Mereka memastikan tempat sebagai pemenang dalam pertandingan ini. Satya Wacana unggul 89-77.

Dengan itu, Satya Wacana memetik hasil positif di Bandung. Sementara NSH menang sekali saja. Mereka menang atas Prawira Bandung kemarin. (GNP)

Foto: Ivan Dwi Kurnia Putra

Komentar