IBL

NSH Jakarta berhasil melewati pertandingan sengit melawan Prawira Bandung di IBL 2020 Seri II Bandung. NSH menang dengan kedudukan 67-62. Pertandingan itu berlangsung di C-Tra Arena, Bandung, Jumat, 17 Januari 2020.

Michael Glover mencetak dobel-dobel 26 poin dan 10 rebound untuk NSH. Dashaun Wiggins menambahkan 17 poin dan 5 asis. Keduanya menjadi ujung tombak NSH pada pertandingan ini.

Sementara itu, Prawira mendapat sokongan dari Dimitri Cook. Meski turun dari bangku cadangan, pemain asing itu mampu mencetak 25 poin. Di barisan lokal, Arif Hidayat menyumbang tujuh poin.

NSH mengalahkan Prawira setelah bertahan mati-matian pada detik-detik akhir. Sebab, Tuan Rumah benar-benar mengancam saat itu. Padahal NSH sudah unggul dengan margin lebar pada paruh pertama. Keunggulan itu pulalah yang menyelamatkan mereka.

NSH mencetak 18 poin pada kuarter pertama. Prawira di belakangnya dengan 10 poin saja. Kedua tim itu sebenarnya telat panas. Dalam suatu momen, mereka sempat terjebak dengan skor 7-2. Itu berlangsung selama hampir tiga menit. Sampai akhirnya Cook memecah kebuntuan. Ia mencetak dua poin untuk Prawira.

Pada kuarter dua, NSH semakin panas. Mereka melebarkan jarak dengan selisih 24 poin. Skor sementara 39-15. Dua pemain asing NSH, Wiggins dan Glover, sudah mengumpulkan dobel digit poin. Wiggins mencetak 13 sementara Glover 11.

Memasuki kuarter tiga, Prawira perlahan-lahan bangkit. Mereka memangkas ketertinggalan 24 poin menjadi setengahya saja. Sisa waktu saat itu 4 menit 43 detik. Para penonton meneriakkan kata “defense” untuk menyemangati Prawira. Bagaimana pun C-Tra Arena merupakan markas mereka.

Prawira sendiri merespon teriakan-teriakan “defense” dengan merapatkan pertahanan. Mereka yang tadinya mudah jebol berubah ketat. Prawira bahkan memangkas ketertinggalan hingga 10 poin saja. Skor 50-40 untuk NSH.

Pada kuarter empat, pertandingan semakin sengit. Prawira membayang-bayangi NSH. Selisih yang tadinya lebar tinggal dua poin saja saat itu. NSH unggul 64-62. Sisa waktu 1 menit 54 detik.

NSH mencoba untuk menjauh. Namun, Prawira tetap kukuh dengan pertahanannya. Para pemain mereka juga tampak hustle. NSH berkali-kali gagal mengeksekusi tembakan.

Meski demikian, NSH berhasil mencetak dua poin lagi pada sisa 25 detik. Lutfi Koswara menyelinap masuk ke bawah ring tanpa pengawalan. Ia mencetak poin penting dari sana sehingga NSH unggul 67-62.

Pada sisa waktu yang ada, Prawira gagal menyalip. NSH telah mati-matian bertahan. Mereka menang dengan selisih lima poin.

Setelah ini, kedua tim akan menghadapi Satya Wacana Salatiga. Prawira mesti bertemu tim asal Jawa Tengah itu lebih dulu besok. NSH menyusul lusa. (GNP)

Foto: Ivan Dwi Kurnia Putra

Komentar