IBL

Kondisi kesehatan Kemba Walker masih jadi pertanyaan besar. Bahkan mungkin, Boston Celtics sebagai tim yang menaunginya pun masih kesulitan untuk memberikan Kemba porsi latihan yang tepat. Kamis, 23 Juli 2020, waktu setempat, menjadi kali pertama Kemba berlatih secara penuh bersama rekan-rekannya. Sebelumnya, meski sudah berada di Orlando sesuai jadwal, Kemba menjalani porsi latihan terpisah dengan rekan-rekannya karena bermasalah dengan lututnya.

Meski akhirnya bisa berlatih penuh dengan tim, Kemba dipastikan tidak akan bermain di gim uji coba pertama Celtics, esok, melawan Oklahoma City Thunder. “Saya merasa cukup senang bisa kembali menjalani latihan penuh bersama rekan-rekan,” buka Kemba seusai latihan kepada awak media melalui proses virtual.

“Saya merasa lutut saya semakin baik, utamanya semenjak NBA memutuskan hiatus. Waktu istirahat empat bulan cukup membantu. Sekarang juga kondisi saya terus membaik. Celtics membuat keputusan yang bagus dengan memberi porsi latihan yang terpisah untuk saya,” imbuhnya.

(Baca juga: Celtics Batasi Menit Bermain Kemba Walker di Orlando)

Masalah lutut sendiri sebenarnya sudah beberapa kali menghantui karier Kemba. Bahkan, pemain 30 tahun ini dikabarkan sudah berhadapan dengan hal itu sejak masa kuliah. Namun, baru musim ini, permasalahan lutut Kemba tampak sangat serius dan mulai membuatnya kehilangan banyak gim.

Mundur delapan musim sebelum bergabung ke Celtics, Kemba yang hanya pernah memperkuat Charlotte Hornets minimal tampil 62 kali dalam satu musim. Sementara musim ini, Kemba baru tampil 50 kali. Jika ia tampil penuh di delapan gim lanjutan nanti, maka itu akan menjadi rekor penampilan paling sedikitnya dalam satu musim. Meski demikian, Kemba sangat yakin bahwa ia tidak perlu operasi untuk mengatasi hal ini.

(Baca juga: Kemba Walker Tetap Fokus Pulihkan Lutut saat Musim Tunda)

Kemba menorehkan rataan 21,2 poin, 4,1 rebound, dan 4,9 asis per gim bersama Celtics. Jumlah tersebut bisa dibilang cukup baik mengingat ia hanya tampil rata-rata 31,8 menit per gim. Rataan tersebut merupakan yang terkecil sejak musim pertamanya di NBA (27,2 menit per gim). Menariknya, Kemba justru tampil cukup efektif dengan Celtics. Ia menorehkan eFG% 52 persen, tertinggi dalam tiga musim terakhir dan catatan terbaik kedua sepanjang kariernya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar