IBL

Tim nasional e-sports bola basket Indonesia akan menghadapi Fillipina, Jumat (19/6) ini menghadapi Filipina pada Kejuaraan FIBA Esports Open 2020, 19-21 Juni. Turnamen diikuti 17 negara yang terbagi dalam 5 Conference (Oceania, South East Asia, Middle East, Europen, dan South American).

"E-sports itu potensial. Siapa tahu kita bisa berbicara banyak di sana," kata Andiko Ardi Purnomo, wakil Badan Tim Nasional (BTN) dalam perkenalan dengan timnas secara daring (virtual), Jumat pagi di Jakarta. "Maka kita menyiapkan tim nasional yang sudah melewati seleksi untuk berpartisipasi di sana."

Turnamen ini diikuti oleh Austria, Lebanon, Australia, Argentina, Indonesia, Cyprus, Saudi Arabia, Selandia Baru, Brazil, Filipina, Italia, Lavia, Lituania, Russia, Spanyol, Swiss, dan Ukraina. FIBA melihat bahwa turnamen ini merupakan alternatif akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) mengumumkan baru-baru ini untuk pertama kali kompetisi bola basket virtual (e-sports competition) antar negara. Kompetisi itu bertajuk the FIBA Esports Open 2020. FIBA sangat senang bergabung dengan gerakan esports bersama dengan Federasi Anggota nasionalnya, sebagai bagian dari proyek percontohan ini.

Seri perdana gim e-basketball ini berlangsung 19-21 Juni 2020. Tim-tim nasional yang berpartisipasi termasuk Argentina, Australia, Austria, Brasil, Siprus, Indonesia, Italia, Latvia, Lebanon, Lithuania, Selandia Baru, Filipina , Rusia, Arab Saudi, Spanyol, Swiss, dan Ukraina.

Setiap tim akan terdiri dari tujuh pemain, lima di lapangan dan dua cadangan. Gim akan dimainkan dari jarak jauh di NBA 2K menggunakan mode Pro-AM dan memungkinkan penyesuaian penuh avatar pemain, seragam, dan desain arena.

"FIBA sangat bangga dan bersemangat memulai perjalanan Esports-nya dengan FIBA Esports Open 2020. Ini adalah proyek percontohan permainan antara tim-tim nasional bekerja sama dengan NBA 2K," kata Frank Leenders, FIBA Media and Marketing Services Director General. "Inisiatif esports diidentifikasi oleh Dewan Pusat FIBA (FIBA Central Board) sebagai bagian penting dan konsisten dengan tujuan strategis untuk memperbesar Keluarga FIBA. Dalam masa-masa yang penuh tantangan ini, kami merasa terdorong oleh antusiasme dari beberapa Federasi Nasional. Kami yang sudah aktif dalam ruang ini dan telah menjadi mitra selama beberapa bulan terakhir."

Seluruh seri FIBA Esports Open 2020 akan diproduksi dari FIBA E-sports Studio terbaru yang berlokasi di Riga, Latvia. Setiap hari ada show empat jam yang menampilkan hingga enam pertandingan. Setiap game akan disiarkan langsung di saluran Facebook, Twitch, dan YouTube FIBA dengan komentar langsung dalam bahasa Inggris.

Seluruh seri FIBA Esports Open 2020 akan diproduksi dari FIBA Esports Studio terbaru yang berlokasi di Riga, Latvia. Setiap hari ada show empat jam yang menampilkan hingga enam pertandingan. Setiap game akan disiarkan langsung di saluran Facebook, Twitch, dan YouTube FIBA dengan komentar langsung dalam bahasa Inggris.Indonesia Siap Hadapi FilipinaTim Indonesia sudah melakukan pencarian pemain sejak bulan Mei 2020 dengan bekerjasama dengan tim E-sports local yaitu OPI Gaming.

Pencarian pemain dilakukan dengan penetrasi ke komunitas gamers NBA2K, melakukan beberapa turnamen kecil guna mendapatkan pemain-pemain terbaik yang siap membela Indonesia dalam menghadapi turnamen FIBA Esports Open 2020.Nama-nama pemain yang membela Timnas Basket E-sports Indonesia adalah:

1. Fraed Duncker – (Lokasi Jakarta)

2. Aldo Tedjadharma – (Lokasi Thailand)

3. Dominikus Rendy – (Lokasi Australia)

4. Leonardo Paulus (Team Captain) – (Lokasi Filipina)

5. Ray Antonio – (Lokasi Jakarta)

6. Ridho Aulia – (Lokasi Jakarta)

"Kami sudah berlatih bersama dalam tiga bulan. Untuk menjalin chemistry, kami akhirnya bisa ketemu langsung," kata Leonardo Paulus. Leonardo adalah mahasiswa Indonesia yang sedang sekolah di Filipina.

Meskipun beberapa pemain berada di luar negeri, tapi semuanya memiliki passpor Indonesia karena FIBA mengharuskan legalitas berupa passpor untuk membela negaranya masing-masing. Indonesia sendiri berada di satu Conference (South East Asia) bersama Filipina. 

Jadi pada turnamen yang akan berlangsung tanggal 19-21 Juni , Indonesia akan tampil lima kali dalam tiga hari melawan Filipina yang akan berlangsung pada hari:

Jumat 19 Juni : Filipina vs Indonesia (pkl.17.45 WIB) ; Indonesia vs Filipina (pkl.18.25 WIB)
Sabtu 20 Juni : Filipina vs. Indonesia (pkl.17.45 WIB) ; Indonesia vs. Filipina (pkl.18.25 WIB)
Minggu 21 Juni : Indonesia vs. Filipina (pkl.17.45 WIB) (*)

Sumber: Rilis PP Perbasi

Komentar