IBL

Pada tahun 2016 silam, Timnas Putri U18 Indonesia menjadi juara di Kejuaraan Putri Asia U18 FIBA FIBA U18 Women's Asian Championship untuk Divisi B. Kini Indonesia berhasil naik peringkat ke Divisi A. Jadi tahun ini, Indonesia akan ikut dalam perebutan tiket ke Piala Dunia Putri FIBA U19 tahun 2019 mendatang.

Timnas Putri U18 Indonesia berhasil memenangkan lima pertandingan di Kejuaraan Asia U18 Putri FIBA 2016 untuk Divisi B, 13-20 November 2016 di Thailand. Saat itu, Indonesia mengalahkan Malaysia, Hong Kong, Kazakstan, Singapura dan Sri Langka. Hasil tersebut membuat status Indonesia naik ke Divisi A untuk kejuaraan selanjutnya.

Kejuaraan Asia U18 Putri FIBA tahun ini diselenggarakan di Bengaluru, Indonesia mulai 28 Oktober hingga 3 November 2018. Indonesia yang sudah berada di Divisi A bersama Cina, Jepang, Cina Taipei, Australia, Selandia Baru dan Malaysia. Turnamen ini akan menggunakan sistem gugur. Sementara itu, salah satu keuntungan di turnamen ini adalah empat tim peringkat teratas akan mewakili Wilayah Asia di Piala Dunia U19 Putri FIBA tahun 2019.

Berikut komposisi pemain Indonesia yang akan berlaga di India:

Dari nama-nama tersebut hanya satu orang yang sama dengan pemain di Kejuaraan Putri Asia U18 2016 yaitu Adelaide Callista Wongsohardjo. Ini karena usianya masih 18 tahun. Lady -panggilan akrabnya- sebelumnya juga masuk dalam roster Timnas Putri Indonesia di Asian Games Jakarta-Palembang, bulan Agustus lalu. Sedangkan untuk posisi kepala pelatih tetap dipegang oleh Arif Gunarto atau Njoo Lie Fan.

Sistem yang digunakan adalah setengah kompetisi. Indonesia berada di Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Cina Taipei. Pemimpin klasemen dari masing-masing grup langsung lolos ke Semifinal. Sementara itu, enam tim yang tersisa akan kembali menjalani pertandingan kualifikasi. Untuk lebih jelasnya, berikut bagan sistem pertandingan:

Jadwal pertandingan Indonesia di babak penyisihan Kejuaraan Asia U18 Putri 2018:

 

Foto: Hariyanto

Komentar