IBL

Timnas Basket Putri U18 Indonesia menang 86-35 atas Malaysia, Kamis, 1 November 2018. Indonesia menang di laga perebutan peringkat ketujuh pada Kejuaraan Asia U18 Putri FIBA (Women's Asian Championship) 2018. Dengan hasil tersebut, maka Indonesia tetap berada di Divisi A. Sedangkan Malaysia yang berada di peringkat delapan, turun ke Divisi B.

Pada kejuaraan tahun ini ada sedikit perbedaan peraturan. Pada tahun 2016 lalu, tim yang mendapatkan promosi dan degradasi ada dua tim dari masing-masing Divisi. Sedangkan tahun ini hanya satu tim. Jadi peringkat terbawah Divisi A, turun ke Divisi B. Sedangkan juara Divisi B, naik ke Divisi A.

Indonesia dan Malaysia sama-sama menderita tiga kekalahan di babak penyisihan Divisi A. Oleh karena itu, Indonesia dan Malaysia memperebutkan peringkat ketujuh agar tidak turun kasta.

Kali ini, Indonesia justru tampil dominan. Mereka sudah unggul 16-6 di kuarter pertama dan menjauh 41-15 di kuarter kedua. Di dua kuarter sisanya, Indonesia semakin nyaman memimpin pertandingan. Kali ini, Indonesia mencetak 42 poin dari area kunci, lengkap dengan 59 rebound. Sementara itu, Indonesia menambah 22 poin lewat fast-break. Malaysia terlihat kesulitan menghadapi pertahanan Indonesia. Mereka melakukan 24 turn over. Dari jumlah tersebut, Indonesia mampu mencuri bola (steal) 20 kali.

Tricia Mary Aoijs menjadi pendulang poin terbanyak dengan 22 poin. Pemain asal Bali itu juga menambahkan 6 rebound, 1 asis, 4 steal dan 2 blok. Sementara itu, garda Adelaide Callista Wongsohardjo mencetak dobel-dobel dengan 12 poin dan 14 rebound. Pemain Indonesia lain yang mencetak poin digit ganda adalah Leonita Angela Suwanto (14 poin) dan Audy Natazia Christy Thoe (11 poin). Di kubu Malaysia, Sin Jie Tan mencetak 13 poin.(*)

Foto: Mei Linda

Komentar