IBL

Kejuaraan Asia U18 Putri FIBA 2018 sudah berakhir. Cina menjadi juara Divisi A setelah mengalahkan Jepang dengan skor 89-76. Sedangkan India menempati urutan pertama Divisi B mendapatkan tiket promosi ke Divisi A untuk kejuaraan berikutnya. Indonesia sendiri tetap ada di Divisi A setelah menang lawan Malaysia.

Pertandingan final berlangsung sengit, karena kedua tim sudah pernah bertemu di babak penyisihan grup. Saat itu, Jepang berhasil mengalahkan Cina dengan skor 94-79. Tetapi di babak final, Cina yang bermain lebih baik, mampu mengalahkan Jepang dengan skor 89-76.

Jepang tampak ingin memaksa Cina keluar dari area kunci. Ini karena pertahanan Cina sangat baik. Terutama dengan adanya Yutong Liu, senter setinggi 1,95 meter. Justru strategi Jepang membuat kerugian besar. Mereka dihabisi oleh Yuan Li. Ia merupakan garda muda yang menjadi bagian tim Cina di Piala Dunia Wanita 2018 lalu. Yuan Li mencetak 28 poin, 8 reboun dan 8 asis. Yuan Li tampil luar biasa terutama di paruh kedua.

Sementara itu, di sisi pertahanan, Cina membuat Jepang hanya mampu memasukkan 1 dari 11 percobaan tripoin. Cina memaksa Jepang menyerang area kunci. Lalu di dalam cat menunggu big man Cina yang lebih tinggi. Ini menyulitkan Jepang.

Cina berhasil mengalahkan Jepang di final Kejuaraan Asia U18 Putri FIBA lima edisi beruntun. Berikut daftar juara hingga penyelenggaraan tahun 2016:

Dari klasemen akhir, Cina menduduki peringkat pertama disusul Jepang, Australia, Korea, Selandia Baru, Cina Taipei, Indonesia dan terakhir Malaysia. Tahun ini, Indonesia mempertahankan posisi di Divisi A setelah mengalahkan Malaysia. Sedangkan Malaysia untuk penyelenggaraan berikutnya turun ke Divisi B.

Baca juga: Indonesia Tetap Bertahan di Divisi A Kejuaraan Asia U18 Putri FIBA

Tim dari Divisi B yang akan naik ke Divisi A adalah India. Di laga terakhir Divisi B, India mengalahkan Kazakhstan dengan skor 68-45. Selama babak penyisihan hingga final, India tidak pernah kalah. India dominan karena punya Harshitha Kelttira Bopaiah yang mampu mencetak 14,8 PPG dan 11,2 RPG dalam lima pertandingan.

Urutan klasemen akhir untuk Divisi B adalah India, Kazakhstan, Syria, Hong Kong, Iran, Singapura, Samoa dan terakhir Guam.

Foto: fiba.com

Komentar