IBL

FIBA menyetujui pembatalan liga 3x3.EXE Premier musim 2020. Liga 3x3 tahun ini awalnya dijadwalkan pada bulan Mei 2020 lalu. Sebagai gantinya, akan ada turnamen 3x3.EXE Premier di lima negara yaitu Jepang, Cina Taipei, Selandia Baru, Thailand dan Indonesia. Penyelenggaraan turnamen juga akan melihat perkembangan penyebaran virus korona.

Pembatalan liga 3x3 tersebut semata-mata untuk mencegah penyebaran virus korona. Apalagi 3x3.EXE Premier merupakan liga 3x3 dengan jumlah pertandingan yang banyak. Dari empat negara penyelenggara, jumlah pertandingannya mencapai 1.196 gim untuk musim reguler, ditambah 36 gim di playoff. Saat ini liga 3x3.EXE Premier punya lima negara penyelenggara yaitu Jepang (negara asal), Cina Taipei, Selandia Baru, Thailand, dan terakhir Indonesia. Negara-negara ini sekarang sedang terkena wabah virus korona.

Liga 3x3.EXE Premier 2020 memang dibatalkan, tapi sebagai hiburan, penyelenggara akan membuat sebuah turnamen. Nama resmi turnamennya adalah 3x3.EXE Premier 2020 Cup.

Turnamen ini sifatnya terbuka. Semua tim boleh mendaftarkan diri. Tapi hanya dibatasi 12 hingga 16 tim untuk putra, dan maksimal 9 tim untuk putri. Penyelenggaraannya satu hari saja. Namun dalam satu negara, diadakan empat kali untuk putra dan 2 kali untuk kategori putri.

Soal jadwal dan lokasi penyelenggaraan masih belum ditentukan. Karena semua bergantung pada situasi negara masing-masing. Namun untuk Jepang diperkirakan berlangsung pada 10 Oktober 2020 hingga 1 Januari 2021. Sedangkan empat negara lainnya masih melihat penyebaran virus korona lebih dulu. (tor)

Foto: 3x3.EXE Premier

Komentar