IBL

FIBA 3X3 Asia Cup 2018 yang digelar di Shenzhen, Cina, telah berakhir Selasa malam, 1 Mei 2018 waktu setempat. Turnamen yang berlangsung di The Nanshan Cultural & Sports Center ini ditutup dengan penyerahan medali bagi para juara dan pemain terbaik. Berlangsung selama lima hari, gelaran tahun ini berhasil meraih rekor peserta terbanyak dengan total 39 tim, yang terbagi dalam 21 tim putra dan 18 tim putri.

Australia keluar sebagai peraih medali emas kategori putra setelah berhasil menaklukan Mongolia di partai puncak dengan skor akhir 17-16. Hebatnya, Australia yang meraih medali perunggu pada gelaran sebelumnya hanya berstatus sebagai unggulan ke-11 ketika memenangkan itu. Bahkan, tim yang identik dengan warna seragam kuning dan hijau ini harus memulai turnamen dari babak kualifikasi, tidak langsung ke babak grup. Kemenangan atas Mongolia membuat Australia sama sekali tidak tersentuh kekalahan dalam perjalanan meraih emas. Total, mereka memainkan 10 laga tanpa sekalipun menelan kekalahan.

Untuk medali perunggu, Jepang berhasil membawa pulang medali setelah menaklukkan Selandia Baru dengan skor akhir 21-20. Jepang bermain lima kali dan berhasil memenangi tiga di antaranya.

Dari kategori putri, Selandia Baru yang berstatus unggulan ke-11 berhasil menggondol medali emas setelah mengalahkan unggulan kedua, Cina, dengan skor 14-11. Sebelum lolos ke babak final, Selandia Baru berhasil mengalahkan Australia yang merupakan juara gelaran tahun lalu. Australia sendiri akhirnya menutup turnamen dengan membawa pulang medali perunggu setelah menekuk Jepang dengan skor akhir 17-5.

Sebelumnya, Australia juga berhasil mengirim Indonesia pulang lebih cepat setelah menang di babak perempat final dengan skor 21-3. Indonesia menutup turnamen sebagai peringkat tujuh setelah meraih satu kemenangan dalam tiga laga.

Thomas Garlepp, pemain Australia, berhasil membawa pulang gelar Most Valuable Player (MVP) kategori putra. Selain itu, ia juga berhasil menjadi pencetak angka tersubur di turnamen ini. Dengan performa itu, ia bersama Dulguun Enkhbat (Mongolia) dan Keita Suzuki (Jepang) melengkapi daftar The Team of Tournament kategori putra.

Untuk kategori putri, gelar MVP berhasil dibawa pulang Micaela Cocks, yang berhasil membawa Selandia Baru meraih gelar juara. Ia bersama YingYun Li (Cina) dan Rebecca Cole (Australia) lantas melengkapi daftar tiga pemain terbaik yang masuk dalam The Team of Tournament. Nama yang terakhir disebut juga merupakan top skor pada turnamen ini setelah total mencetak 39 poin.

Selain pertandingan tiga lawan tiga, FIBA 3X3 Asia Cup 2018 juga menggelar kontes menembak. Fook Yee Yap, yang mewakili tim putri Malaysia berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Emir Azizov (putra Uzbekistan) dan Min Seob (putra Korea Selatan).

Foto: FIBA

Komentar