IBL

Spekulasi terus berkembang di tengah langkah hiatus yang diambil NBA per 11 Maret 2020 lalu. Meski belum ada tanda-tanda pandemi ini akan berakhir total utamanya di Amerika Serikat, studi menunjukkan wilayah-wilayah dengan suhu yang lebih panas memiliki penyebaran kasus yang lebih sedikit. Alahasil, berkembang wacana bahwa NBA akan melanjutkan musim di wilayah-wilayah tersebut.

Las Vegas, Nevada, dan Orlando, Florida, jadi dua wilayah kandidat kuat NBA akan melanjutkan musim. Nantinya, NBA akan mengumpulkan pemain, pelatih, ofisial, dan anggota keluarga mereka di antara dua lokasi tersebut dalam periode waktu sisa musim mereka. Media-media Amerika Serikat sendiri menyebut ini sebagai “bubble” atau gelembung karena pada dasarnya mereka memang mengisolasi diri dari luar.

Dengan wacana tersebut, NBA pun hampir pasti akan melanjutkan musim tanpa penonton. Hasil survey terbaru juga menunjukkan bahwa para penggemar NBA lebih memilih tidak hadir di stadion asalkan laga NBA berlanjut dan bisa mereka saksikan di televise atau layanan media lainnya.

Menanggapi kemungkinan tersebut, veteran NBA yang membela Atlanta Hawks, Vince Carter, angkat bicara. Dalam sebuah wawancara dengan The Grant Napear Show with Doug Christie, Carter mendaku siap-siap saja bermain di “bubble” dan tanpa penonton. Ia pun lantas berharap semua pemain NBA mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut dan melanjutkan musim.

“Saya sudah menanti-nanti waktu untuk menjawab pertanyaan apakah saya siap bermain tanpa penggemar di stadion ini. Saat tepis mula (tip-off) dan pertandingan berlangsung, seberapa sering Anda (para pemain NBA) berpikir tentang kehadiran fans?,” terang Carter.

“Memang benar, mereka ada di sana, bersorak untuk Anda atau bahkan berusaha menggangu Anda, tapi Anda kan sedang dalam pertarungan di lapangan. Anda harus lebih fokus tentang lawan Anda di depan mata ketimbang fans yang ada di bangku penonton,” pungkasnya.

Carter boleh berkata demikian, tapi respon berbeda banyak keluar dari pemain lainnya. Ambil contoh megabintang NBA, LeBron James, yang pada awal-awal masa hiatus menyebutkan akan menolak bermain tanpa penonton. Menurutnya, para pemain NBA dibayar untuk menghibur para penonton ini. Pun demikian, belakangan ini, LeBron tampaknya melunak dan hanya berharap musim segera dilanjutkan.

Bermain tanpa penonton memang sangat aneh untuk dibayangkan. Namun, bisa jadi ini akan menjadi pengalaman menonton basket yang kebih seru di mana teriakan, percakapan, hingga decit sepatu para pemain terdengar jelas di siaran pertandingan. Apapun yang terjadi, harapan besar agar NBA bisa melanjutkan musim memang jelas adanya. NBA dituntut berpikir sekreatif mungkin dalam melanjutkan musim, menyenangkan penggemar, dan tetap menjaga kesehatan serta keselamatan semua bagian dari pertandingan mereka. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar