IBL

Perjalanan bersejarah Toronto Raptors dalam merengkuh gelar juara NBA 2019 lalu terus menghadirkan cerita. Selain gelar tersebut menjadi gelar pertama organisasi Raptors, gelar tersebut juga jadi kali pertama trofi Larry O’Brien keluar dari Amerika Serikat. Ya, Raptors yang berpusat di Kanada jadi tim di luar Amerika Serikat pertama yang meraih gelar NBA.

Keberhasilan Raptors meraih gelar juara tahun lalu tak lepas dari performa menawan Kawhi Leonard. Pemain yang kini berstatus sebagai pemain Los Angeles Clippers tersebut tampil superior sepanjang playoff. Salah satu performanya yang paling diingat terjadi di gim ketujuh semifinal Wilayah Timur saat menghadapi Philadelphia 76ers.

Di sisa empat detik pertandingan dengan skor sama kuat di angka 90, Kawhi menerima bola inbound dari Marc Gasol di area top tripoin. Kawhi lantas melantun bola ke area sudut kanan lapangan dan melepaskan tembakan dua poin jauh. Bola memantul sekitar empat kali sebelum akhirnya masuk ke jaring dan Raptors menang 92-90. Itu jadi kali pertama ada sebuah buzzer beater masuk di gim ketujuh playoff NBA sepanjang sejarah.

Selepas pertandingan, sebuah foto muncul di NBA dan menghadirkan decak kagum. Foto tersebut adalah foto karya Mark Blinch yang berhasil mengambil momen saat Kawhi melihat bola tembakannya masuk perlahan ke dalam jaring. Sudut foto yang pas membuat ekspresi semua orang yang hadir di Scotiabank Arena, Toronto, Kanada, kala itu tertangkap dengan jelas. Tentunya ekspresi Kawhi yang penasaran jadi fokus utama di foto ini.

Foto Mark lantas masuk dalam nominasi foto terbaik di anugerah World Press Photo’s 2020 kategori olahraga. Dan pada Jumat, 17 April 2020, waktu setempat, foto tersebut dinobatkan sebagai yang terbaik. Foto Mark mengalahkan dua foto lainnya yang juga mengandung banyak cerita. Kebetulan, dua foto lain berasal dari dunia sepak bola.

Foto yang menempati peringkat kedua adalah foto kegembiraan penggemar Flamengo saat Gabriel Barbosa mencetak gol dalam final Copa Libertadores antara Flamengo (Brasil) melawan River Plate (Argentina). Foto ini adalah karya fotografer Associated Press, Silvia Izquierdo.

Di peringkat tiga, foto perayaan gelar juara UEFA Champions League 2019 yang diraih Liverpool juga cukup membuat terpana. Keriuhan parade juara Liverpool yang terakhir kali meraih gelar ini pada 2005. Foto ini karya dari fotografer AFFP, Oli Scarff.

“Setelah semua kejadian tersebut, saya melihat pelan-pelan sembari menahan nafas saya untuk melihat apakah saya berhasil mendapatkan foto Kawhi. Setelahnya, saya melihat foto tersebut ada di memori saya dan fokusnya cukup baik,” ujar Mark yang waktu itu mengambil foto untuk NBA Entertainment.

Mark sendiri sehari-harinya adalah fotografer resmi klub hoki profesional Kanada, Toronto Maple Leafs.  Sebagai fotografer, Mark cukup berprestasi di Kanada. Sejak 2008, setiap tahunnya ia selalu mendapat penghargaan dari News Photographers of Canada atas karya-karyanya. (DRMK)

Foto: World Press

 

Komentar