IBL

Damian Lillard sudah bermain selama delapan tahun di NBA. Menghadapi berbagai macam lawan. Dari yang kuat sampai yang lemah.

Suatu hari, Lillard muncul di media sosialnya. Berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para penggemar. Salah satunya tentang siapa lawan tertangguh yang pernah dihadapinya.

Lillard menyebut dua nama. “Kobe (Bryant) pada masa ruki saya dan LeBron (James) beberapa tahun ini,” katanya. Lillard mengatakan bahwa mereka berbeda dari yang lain.

Bryant dan James memang seorang superstar. Mereka punya gelar Most Valuable Player (MVP) juga gelar juara. Keduanya bahkan selalu masuk ke dalam perdebatan tentang siapa pemain terbaik sepanjang masa bersama Michael Jordan.

Bryant, misalnya, menghabiskan waktu selama 20 musim di Los Angeles. Ia bergabung dengan Lakers sejak musim pertamanya di NBA. Menjuarai liga sebanyak lima kali pada 2000—2002 dan 2009—2010.

Lillard, yang lahir di Oakland, California, Amerika Serikat, tumbuh dengan menonton Bryant. Apalagi Lakers bermarkas di California Selatan. Mereka berada di negara bagian yang sama.

Sementara itu, James merupakan megabintang NBA saat ini. Bahkan, bisa dibilang sebagai salah satu wajah utama liga. James bermain untuk Cleveland Cavaliers, Miami Heat, dan Lakers sejak 2003. Menjuarai NBA pada 2012, 2013, dan 2016.

Lillard bertemu Bryant di lapangan sampai 2016 silam. Sebab, pada tahun itu, legenda Lakers pensiun. Kemudian, meninggal pada awal 2020 ini karena kecelakaan udara.

Di sisi lain, Lillard masih bertemu James sampai sekarang. Sayangnya, NBA mengalami hiatus akibat pandemi Covid-19. Pertandingan-pertandingan ditangguhkan. Para pemain diminta untuk tetap berada di rumah sampai situasi kondusif. (GNP)

Foto: NBA

Komentar