IBL

Perdebatan tentang seberapa hebat Stephen Curry terus berkembang. Belakangan, Jayson Tatum (Boston Celtics), menyebutnya sebagai garda utama terbaik saat ini. Ia bahkan percaya kalau Curry masuk ke jajaran 20 pemain terbaik sepanjang masa.

Tatum mengatakan itu bukan tanpa alasan. Ia menilai Curry sebagai salah satu sosok yang mengubah permainan. Garda utama Golden State Warriors itu mampu menjadi tren baru dalam bola basket modern.

“Steph mengubah permainan,” kata Tatum kepada Pep Stanciel, seorang pelatih dan konsultan, lewat Instagram Live. “Mereka jadi tidak mau menembak dari jarak menengah lagi karena Curry.”

Dampak Curry memang seperti itu. Setelah kehebatan sampai ke seluruh dunia, ia membuat tripoin menjadi hal lumrah saat ini. Bahkan, tidak hanya membuat para garda semakin mempelajari tembakan jarak jauh itu, forwarda dan senter pun melakukannya.

Dengan kemampuannya Curry mampu menyabet dua gelar Most Valuable Player (MVP) pada 2015 dan 2016. Ia sempat terpilih tanpa cela. Sebab, semuanya sepakat bahwa Curry memang MVP-nya.

Meski begitu, tidak semua orang sepakat memasukkan Curry ke jajaran elite. Michael Jordan, yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa, pernah mengatakan bahwa sang penembak jitu belum cocok disebut Hall of Famer. Sementara Jay Williams menyebut Curry bukanlah satu dari dua ball-handler terbaik di NBA.

Tatum sendiri tetap percaya kalau Curry adalah salah satu yang terbaik. Pada generasi ini, mereka yang menyaksikannya dari dekat mengakui hal itu. Curry bahkan berhasil mengantarkan Warriors menjadi juara tiga kali. Ia membantu Steve Kerr membangun dinasti. (GNP)

Foto: NBA

Komentar