IBL

Komisioner NBA Adam Silver mengatakan bahwa pihaknya ingin melanjutkan musim reguler 2019-2020. Selama hiatus karena Covid-19, mereka juga terus melakukan diskusi dengan berbagai pihak. Salah satunya NBPA selaku asosiasi pemain NBA.

Dalam beberapa minggu terakhir, NBA dan NBPA berkolaborasi menilai kelayakan beberapa alat penguji darah untuk virus corona. Alat-alat itu kabarnya akan digunakan untuk rapid test. Sebab, mereka dapat memberikan hasil yang akurat dalam hitungan menit.

NBA dan NBPA berharap proses tersebut akan membantu liga melacak virus supaya bisa melanjutkan kompetisi. Sampai saat ini, mereka sebenarnya belum yakin bisa melanjutkan itu. Namun, sudah mengantungi beberapa opsi.

Rapid test adalah kunci untuk kembali bekerja, kembali berolahraga, semuanya,” kata salah satu manajer umum NBA yang tidak disebutkan namanya per ESPN. “Apa pun pekerjaan Anda dan lingkungan tempat Anda bekerja, jika Anda berinteraksi dengan orang lain, kita semua harus merasa aman melakukan hal itu. Olahraga tidak ada bedanya.”

Pernyataan salah satu manajer NBA di atas sejalan dengan juru bicara NBA Mike Bass. Saat ini, prioritas utama liga dalah keamanan dan kesehatan para penggawanya, termasuk pemain. Oleh karena itu, NBA mesti memastikan segalanya sesuai dengan standar.

“Sementara prioritas utama kami tetap soal kesehatan dan kesejahteraan semua orang. Liga terus mengevaluasi semua opsi untuk kembali bermain,” ujar Bass. “Setiap keputusan untuk memulai kembali musim ini kemungkinan baru ada berminggu-minggu lagi dan akan dibuat berdasarkan konsultasi dengan para ahli kesehatan masyarakat dan sejalan dengan arahan dan pedoman pemerintah.”

Silver sendiri ingin musim reguler terus berlanjut. Seandainya tidak bisa, mungkin liga langsung ke playoff. Bahkan, bisa saja disetop seluruhnya. Semuanya tergantung pada perkembangan situasi.

Silver mengatakan NBA tidak akan mengambil keputusan apa pun hingga April berakhir. Namun, akan terus mencari jalan keluar. Mereka bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk NBPA tadi.

Untuk sementara ini, semua pihak hanya bisa menunggu. Covid-19 tampak belum mereda. Bukan hanya di Amerika Serikat, tetapi juga seluruh dunia. (GNP)

Foto: NBA

Komentar