IBL

Di tengah penundaan musim NBA lantaran virus corona, kabar tak sedap justru menghampiri megabintang NBA sekaligus Los Angeles Lakers, LeBron James. Dilansir The Blast, seorang fotografer bernama Steven Mitchell, telah menyeret LeBron ke meja hukum. Mitchell menuntut LeBron atas pelanggaran hak cipta dari foto miliknya yang diunggah oleh LeBron di akun Instagram pribadinya.

Dalam ulasan The Blast, Mitchell tak hanya menuntun LeBron seorang, ia juga menuntun perusahaan Sang Raja, Uninterrupted Digital Ventures dan LRMR Ventures, LLC. “Ini adalah tuntutan atas aksi pelanggaran hak cipta yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta pasal 501. Dalam hal ini, hak cipta yang dilanggar adalah sebuah foto dari pemain NBA, LeBron James, dalam pertandingan melawan Miami Heat.”

Mitchell lantas juga menjelaskan bahwa ia adalah fotografer lepas yang memang menjual fotonya untuk mendapatkan uang, begitu pula saat ia mengambil gambar LeBron saat melawan Heat. LeBron atau manajemennya sama sekali tidak meminta izin atau membayar foto yang lantas juga diunggah di laman resmi Facebook LeBron.

Kasus ini memang cukup menarik. Pasalnya, unggahan yang dimaksud Mitchell sebenarnya melibatkan tiga foto. Satu dari tiga foto tersebut terlihat jelas merupakan foto yang berasal dari Lakers sendiri karena ada tandanya (watermark). Sementara dua foto lainnya tidak memiliki tanda tersebut. Foto Mitchell sendiri terpampang sebagai yang pertama, foto saat LeBron melakukan slam dunk.

Di sisi lain, para pemain NBA memang sangat sering mengunggah foto mereka saat bermain. Foto-foto tersebut biasanya datang dari fotografer resmi tim atau NBA itu sendiri. Jika melihat laman resmi setiap tim NBA, sulit rasanya untuk tidak mengira bahwa setiap tim NBA memiliki fotografer resmi mereka sendiri. Dan memang, foto-foto di sana bisa diambil oleh semua pihak. Oleh karena itu, kasus yang menyeret LeBron ini bisa dibilang kasus yang sangat langka.

Mitchell berencana menggunakan statistik media sosial untuk menuntut kerugian secara materi. Ia percaya, statistik media sosial atas fotonya akan menunjukkan angka pasti berapa keuntungan yang didapat LeBron dari unggahan tersebut.

Hingga berita ini dimuat, belum ada tanggapan dari pihak LeBron mengenai tuntutan ini. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar