IBL

Musim 2018-2019 tak berjalan sesuai rencana manajemen dan harapan para pendukung Los Angeles Lakers. Kedatangan megabintang LeBron James di jeda musim panas diharapkan mampu mengangkat prestasi tim yang sudah gagal lolos ke playoff sejak musim 2013-2014 ini. Sayangnya, Lakers kembali dipastikan gagal lolos ke playoff usai kalah atas Brooklyn Nets, akhir Maret lalu. Sepanjang 80 gim yang sudah dilalui musim ini, tim asuhan Luke Walton tersebut baru meraih 36 kemenangan.

Walton dalam sebuah wawancara sempat menyebut cedera menjadi salah satu penyebab kegagalan tersebut. Memang, secara keseluruhan, musim Lakers tidak bisa dibilang hancur lebur. Lakers bahkan sempat duduk di empat besar dalam kurun Oktober hingga Desember. Tepat pada malam natal, kala mereka berhadapan dengan Golden State Warriors, James mengalami cedera dan Lakers terus mengalami penurunan.

Dalam prosesnya, Brandon Ingram dan Lonzo Ball juga menyusul dengan cedera masing-masing dan waktu pemulihan yang cukup lama. Belum lagi di sela-sela waktu tersebut, pemain seperti Lance Stephenson, JaVale McGee, hingga Rajon Rondo juga terkena cedera-cedera ringan yang memaksa mereka absen beberapa laga.

Cedera memang menjadi salah satu risiko dalam sebuah permainan dan tim. Cedera bisa saja tak menghalangi jika sebuah tim memiliki kedalaman tim yang cukup tepat. Dalam hal ini, Lakers tak memiliki hal itu. Pemain-pemain seperti Kentavious Caldwell-Pope, Stephenson, Josh Hart, Alex Carusso, hingga Mike Muscala yang datang jelang batas akhir pertukaran pemain tak cukup konsisten tampil apik.

Kedalaman skuat ini memancing James berkomentar dalam sebuah wawancara dengan Bleacher Report. Bapak tiga anak ini berujar bahwa ia siap bergerak aktif dalam mebantu perekrutan pemain baru Lakers di jeda musim panas nanti. Terutama, dalam merekrut bintang-bintang besar NBA lainnya yang akan menyandang status pemain bebas di Juli nanti.

“Saya tak pernah bermain bola basket fantasi. Namun, saya akan bergerak seaktif mungkin sesuai dengan kebutuhan organisasi ini. Itulah mengapa saya di sini, saya datang ke sini untuk menang. Kemenangan tidak bisa datang begitu saja, kami harus terus berbenah dan menjadi lebih baik, terutama dalam susunan pemain,” ujar James.

“Kami jelas punya kesempatan untuk menjadi lebih baik. Banyak sekali talenta di luar sana yang cukup bagus untuk membantu Lakers menjadi lebih baik dan menyandang status bebas di Juli nanti. Oleh karena itu, saya akan bergerak aktif untuk membantu tim mendapatkan talenta yang tepat dan menyudahi kegagalan playoff ini,” lanjutnya.

Beberapa pemain yang akan menjadi pemain bebas musim depan dan terus dikaitkan dengan Lakers contohnya adalah DeMarcus Cousins, Kawhi Leonard, Klay Thompson. Hingga Kevin Durant. Menarik menunggu bagaimana gerak aktif James Juli nanti dan sanggupkah hal tersebut mengakhiri tren negatif Lakers? (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar