IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock pada sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menulis, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Setelah hilang sejenak, Mainbasket kembali hadir dengan Starting 5. Isinya akan berupa macam. Namun, untuk kali ini, Starting 5 mengulas dulu lagu-lagu favorit pemain bola basket. Kebetulan Andre Rorimpandey, garda NSH Jakarta, menyumbang lima lagu favoritnya sebagai rekomendasi di tengah musim tunda akibat Covid-19.

Jesus I Need You-Hillsong worship

Hillsong Worship merupakan sebuah band religi dari Australia. Mainbasket pernah mengulas salah satu lagu mereka, sebab Abraham Wenas dari Amartha Hangtuah menyukainya. Andre juga ternyata menyukai salah satu lagu dari band yang sama. Judulnya Jesus I Need You. Sesuai judul, Jesus I Need You merupakan lagu berisi puji-pujian kepada Yesus Kristus.     

Young & Alive-Bazzi

Ridin' my bike like I'm too young to drive

Careless and free like it's 2005

Had to chill the f**k out, take a trip outside

To have fun with my friends like I'm young and alive

 

Bazzi merupakan salah satu musisi keturunan Lebanon-Amerika Serikat. Pada 2020 ini, ia mengeluarkan sebuah lagu berjudul Young & Alive. Klip videonya bahkan sudah tayang pada 5 Maret lalu. Bazzi mengajak pendengarnya untuk merasa muda dan hidup lewat lagu barunya.

Somebody That I Used To Know-Gotye ft. Kimbra

Gotye, seorang musisi Australia, merilis Somebody That I Used To Know pada 2011 sebagai lagu kedua dari album ketiganya berjudul Making Mirrors. Ia berkolaborasi dengan Kimbra, seorang musisi Selandia Baru, untuk menyanyikan lagu itu setelah berkali-kali gagal menemukan kawan duet yang tepat. Somebody That I Used To Know kemudian mendapat respon positif, bahkan memenangi Grammy Award pada kategori Record of the Year.

Let Me Know-LANY

Ada dua lagu LANY yang menjadi favorit Andre dalam daftar Starting 5 ini. Pertama, Let Me Know, sebuah lagu yang rilis pada 2018 lalu. Lagu itu tercipta karena terinspirasi dari vokalisnya, Paul Klein. Ia menuangkan perasaannya ke dalam sebuah karya setelah putus dengan Dua Lipa.   

Thick And Thin-LANY

Satu lagi, Thick And Thin. Lagu ketiga dalam album music LANY berjudul Malibu Nights. Thick And Thin dirilis pada 2018. Lagu itu menceritakan tentang perasaan bingung setelah putus. Lagi-lagi masih tentang pengalaman Klein.

Foto: Hari Purwanto

Komentar