IBL

USA Basketball tunda segala aktivitas. Mereka mengumumkan hal itu lewat media sosialnya. Merespon perkembangan penyebaran virus corona (SARS-Cov-2) yang menyebabkan COVID-19.

USA Basketball menunda kegiatan mereka sampai waktu yang tidak ditentukan. Kegiatan dimaksud termasuk kegiatan tim nasional Amerika Serikat. USA Basketball menaruh perhatian pada kesehatan dan keamanan atlet, pelatih, staf, dan penggemar.

Penundaan juga berdampak pada Nike Hoop Summit 2020 dan Red Bull USA Basketball 3x Nationals 2020. Dua agenda besar USA Basketball itu terpaksa batal. Mengingat penyebaran virus corona belakangan ini semakin mengkhawatirkan. WHO bahkan menetapkannya sebagai pandemi pada Rabu, 11 Maret 2020 lalu.

Persentase kematian akibat COVID-19 sendiri sebenarnya rendah (2,5 persen) bila dibandingkan MERS atau SARS (30 persen). Namun, menyebar ke mana-mana sehingga menjadi pandemi. Upaya mitigasi dibutuhkan agar penyebarannya berhenti dengan sendirinya.

Upaya USA Basketball dalam meminimalisasi penyebaran virus merupakan salah satunya. Selain mereka, NBA sampai FIBA, sebagai induk organisasi bola basket dunia, melakukannya. NBA dan FIBA bahkan mengumumkan penundaan kegiatan lebih dulu.

Dengan segala penundaan ini, berarti bola basket mesti padam sementara. Termasuk di Eropa. Sebab, EuroLeague ikut menyetop kegiatannya sampai waktu yang tidak ditentukan. Semua pihak berusaha mengawasi perkembangan dulu sebelum mengambil langkah baru. (GNP)

Foto: NBA

Komentar