IBL

USAB sebagai federasi bola basket tidak terpengaruh dengan rumor pembatalan Olimpiade 2021 di Tokyo, Jepang. Mereka tetap menyiapkan tim yang akan dikirim ke turnamen tersebut pada bulan Juli mendatang. Ada 60 pemain yang dipanggil untuk pemusatan latihan. Dari daftar tersebut ada nama LeBron James dan Stephen Curry.

Laporan dari ESPN menyebut bahwa USA Basketball telah mengirimkan undangan kepada 60 pemain NBA. Daftar ini sebenarnya sudah ada sejak Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) 2019 lalu. Menurut ESPN, sebagian besar daftar tersebut sama. Ada 44 pemain termasuk LeBron James, Stephen Curry, Damian Lillard, James Harden, Jimmy Butler, Kyle Lowry, Kyrie Irving, dan Kevin Durant. Kemudian menurut Associated Press, ada beberapa pemain yang ditambahkan hingga berjumlah 60 orang. Mereka adalah Zion Williamson, Trae Young, Ja Morant, Duncan Robinson, dan Christian Wood. Tetapi daftar tersebut belum bisa disampaikan ke publik, karena masih menunggu kesediaan dari masing-masing pemain.

Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah wawancara bulan lalu mengatakan bahwa pemain bisa menentukan sendiri, mereka mau atau tidak membela timnas Amerika Serikat. Ini karena jumlah pemain yang melimpah.

"Saya melihat itu sebagai keputusan individu," kata Silver. "Saya rasa tidak akan berdampak besar untuk tim Amerika Serikat bila para bintang NBA menolak tampil. Sebab, masih banyak bakat-bakat lain di luar sana yang bisa dimainkan. Berbeda dengan negara lain, yang bakal kehilangan kekuatan bila bintang NBA tidak bermain."

LeBron James memang tidak secara langsung bersedia tampil di Olimpiade. Tetapi dia akan mempertimbangkan bermain di Tokyo di bawah asuhan Gregg Popovich. Itu yang jadi alasan terbesar James mau bermain untuk timnas.

"Itu masih mungkin. Bukan peluang nol persen. Saya suka Coach Pop," ucap James melalui Associated Press.

Sementara itu, The Sports Rush melaporkan bahwa Stephen Curry ingin bermain di Olimpiade Tokyo. Alasannya, Curry belum pernah bermain di Olimpiade sepanjang kariernya. Curry hanya dua kali bermain untuk timnas Amerika Serikat di FIBA World Cup 2010 dan 2014. Curry mendapatkan dua medali emas dari ajang tersebut.

USAB tidak berencana melakukan uji coba. Mereka langsung berangkat ke Tokyo dengan 12 pemain. USAB akan mengumumkan roster timnas Amerika Serikat dalam beberapa bulan ke depan. Para pemain dipilih dari performa mereka selama NBA 2020-2021. Namun yang paling penting, pemain tersebut bersedia tampil membela timnas.

Cabang olahraga basket Olimpiade Tokyo akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Selain tuan rumah Jepang, negara yang sudah lolos antara lain Amerika Serikat, Argentina, Australia, Perancis, Iran, Nigera, dan Spanyol. Kemudian empat tiket Olimpiade lainnya akan diperbutkan oleh 24 negara dalam babak kualifikasi yang berlangsung 29 Juni hingga 4 Juli 2021. Babak kualifikasi dibagi menjadi empat tempat penyelenggaraan, yaitu Kanada, Kroasia, Lithuania, dan Serbia. (tor)

Foto: Yahoo!Sports

 

Komentar