IBL

Persiapan Timnas Amerika Serikat (USA) jelang Olimpiade Tokyo, 25 Juli mendatang, tampak amburadul. Mulai dari pemain cedera, karantina protokol kesehatan, sampai akhirnya ada pencoretan pemain.

Persiapan timnas USA di Las Vegas menemui kendala. Minggu lalu, Isaiah Stewart sebagai anggota USA Select Team mengalami cedera pergelangan kaki. Padahal, tim tersebut selain bisa membantu latihan timnas senior, juga bisa dijadikan pemain pengganti bila terjadi sesuatu dengan tim utama.

Baca juga: Bradley Beal Dikarantina, Jayson Tatum Nyeri Lutut

Kemudian setelah dua uji coba dengan hasil kurang memuaskan melawan Nigeria dan Australia, Jayson Tatum dikabarkan mengalami nyeri lutut. Lalu, kemarin muncul kabar kalau Bradley Beal dinyatakan positif Covid-19, dan harus menjalani karantina. Selanjutnya, menurut Shams Charania dari The Athletic, Jerami Grant menyusul masuk ruang karantina.

USA Basketball merilis pernyataan pada Kamis malam, waktu Amerika Serikat. Mereka memutuskan untuk mencoret Bradley Beal. Alasannya mereka belum tahu kapan Beal akan siap bertanding lagi. Ini menyangkut lamanya waktu karantina. Sementara pemain pengganti Beal akan segera diumumkan.

Berbeda dengan Beal, Jerami Grant diketahui tidak positif Covid-19. Hanya saja statusnya masih dalam pantauan intensif tim dokter. Menurut USA Basketball, mereka hanya berjaga-jaga saja. Federasi tidak ingin ada pemain yang dicoret lagi karena kasus yang sama.

Menurut aturan panitia Olimpiade, atlet yang berpartisipasi harus mendapatkan dua tes negatif Covid-19 dalam waktu 96 jam sebelum keberangkatan. Peraturan tersebut berlaku bagi atlet dari luar Jepang. Salah satu tes negatif tersebut harus dilakukan 72 jam sebelum keberangkatan. Sementara itu, Amerika Serikat masih menjadwalkan dua kali uji coba sebelum berangkat ke Tokyo. Dua uji coba ini melawan Australia dan Spanyol. (tor)

Foto: syracuse.com

Komentar