IBL

Timnas Amerika Serikat (USA) menutup rangkaian uji coba internasional jelang Olimpiade Tokyo, pada Minggu malam, waktu Las Vegas. Bermain di Mandalay Bay Events Center, Amerika Serikat menang 83-76 dari Spanyol. Skuat asuhan Gregg Popovich menang dua kali dari empat pertandingan uji coba.

Seharusnya, pada 16 Juli lalu, Amerika Serikat bertanding melawan Australia lagi. Tapi pertandingan persahabatan tersebut dibatalkan karena protokol kesehatan dan keselamatan. Pembatalan tersebut merupakan buntut dari hasil positif Covid-19 milik Bradley Beal. Sementara, timnas Amerika Serikat juga sedang melakukan karantina untuk Jerami Grant. Di sisi lain, Amerika Serikat juga melakukan pergantian pemain.

Amerika Serikat hanya mengumpulkan 14 poin pada kuarter pertama, lalu mereka tertinggal dua poin (36-38) di kuarter kedua. Setelah mengalami kebuntuan di babak pertama, tim asuhan Gregg Popovich menemukan irama permainan di kuarter ketiga. Lewat tripoin Damian Lillard, Amerika Serikat melaju 12-5 di menit-menit akhir kuarter ketiga. Sejak saat itu, Amerika Serikat memimpin pertandingan hingga akhir laga.

Lillard memimpin perolehan poin timnya dengan catatan 19 poin. Keldon Johnson yang masuk sebagai pengganti Bradley Beal mencetak 15 poin. Kevin Durant menambahkan 14 poin, dan Zach LaVine mengemas 13 poin. Di tim Spanyol, Ricky Rubio mencetak 23 poin dengan akurasi tembakan 6/13 dan tembakan gratis seratus persen (10/10). Willy Hernangomez menyumbang 11 poin, diikuti Marc Gasol dengan tambahan 10 poin.

Timnas Amerika Serikat akan menggelar latihan terakhir dalam dua hari ke depan. Setekah itu, mereka harus segera berangkat ke Jepang. Karena Amerika Serikat dijadwalkan bertanding pada hari Jumat, melawan Perancis. Timnas Amerika Serikat berada di Grup A bersama Prancis, Iran, dan Republik Ceko. (tor)

Foto: twitter.com/nba

Komentar