IBL

NBA telah menunda kompetisi karena wabah COVID-19 yang disebabkan virus Corona. FIBA pun begitu. EuroLeague kabarnya mengikuti jejak mereka. Liga bola basket Eropa itu memutuskan untuk menunda kompetisi hari ini, Kamis, 12 Maret 2020.

Melalui memo yang tersebar di media sosial, EuroLeague merasa kompetisi tidak memungkinkan untuk dilanjutkan. Mereka peduli pada keamanan partisipan dan penggemar. EuroLeague setidaknya terpaksa menunda tiga kegiatannya: Turkish Airlines Euroleague 2019-2020, 7DAYS EuroCup, dan EuroLeague Basketball Adidas Next Generation Tournament.

Klub bola basket, sekaligus sepak bola, Real Madrid baru-baru ini juga mengabarkan salah satu pemainnya positif terjangkit COVID-19. Mereka segera menaruh penggawanya di bawah pengawasan. Karantina dibutuhkan untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona.

“Real Madric CF mengabarkan bahwa seorang pemain dari tim bola basket utama positif terjangkit dan dalam pengawasan atas COVID-19,” ujar isi siaran resmi klub. “Oleh karena itu, direkomendasikan untuk tim bola basket dan sepak bola agar dikarantina, sebab keduanya berbagi fasilitas yang sama di Ciudad Real Madrid.”

Seperti halnya NBA dan FIBA, EuroLeague akan terus memperhatikan perkembangan terkini mengenai penyebaran virus Corona. Apalagi setelah WHO menyatakannya sebagai pandemik. Beberapa negara juga telah membatasi pergerakannya di Benua Biru, termasuk yang menyangkut kompetisi-kompetisi olahraga.

EuroLeague merasa harus memperhatikan agar bisa menentukan langkah berikutnya. Seandainya memungkinkan, penundaan bisa saja gugur dan kompetisi dilanjutkan. Virus Corona sendiri telah menyebar dari Asia ke seluruh dunia. Ada sekitar 120 ribu kasus dengan pasien sembuh mencapai 65 ribu. (GNP)

Foto: Real Madrid

Komentar