IBL

Kompetisi demi kompetisi olahraga disetop. FIBA, federasi bola basket dunia, juga melakukan itu. Mereka mengatakan bahwa pihaknya akan menyetop semua kompetisi mulai besok, Jumat, 13 Maret 2020.

FIBA menaruh perhatian pada penyebaran virus Corona. Apalagi WHO telah menetapkan itu sebagai pandemik. Ratusan ribu orang berbagai negara di berbagai benua terjangkit COVID-19.

Federasi bola basket dunia itu menyetop semua kompetisi demi keamanan. Mereka ingin meminimalisasi penyebaran virus Corona. Menyelamatkan kesehatan pemain, pelatih, ofisial, dan penggemar.

FIBA sendiri akan terus mengamati perkembangan isu dari hari ke hari. Mereka mesti melakukan penilaian tentang apakah kompetisi bisa berlanjut atau tidak. Tergantung situasinya nanti.

FIBA juga bukan organisasi pertama yang menyetop kompetisinya. NBA pagi tadi melakukannya setelah salah satu pemain mereka positif terjangkit virus Corona. Sementara EuroLeague sedang mengaji kebijakan mereka untuk mengambil langkah serupa.

Dari dunia sepak bola, Kualifikasi Piala Dunia disetop sejak awal Maret, termasuk di Asia, tempat di mana penyebaran dimulai. FIFA menundanya sampai waktu yang tidak ditentukan. Pertandingan-pertandingan terpaksa mundur.

Pada 2020, Olimpiade akan diselenggarakan di Jepang. Namun, Negeri Sakura juga terdampak COVID-19. Wacana menunda Olimpiade pun sudah lama muncul. Hanya saja belum ada kabar.

Sementara ini, kompetisi-kompetisi terpaksa berhenti. Masyarakat mulai sadar akan wabah. Federasi-federasi bergerak. (GNP)

Foto: FIBA

Komentar