IBL

Nama Andre Iguodala ramai diperbincangkan saat tenggat waktu pertukaran tengah musim 2019-2020. Miami Heat merekrutnya dari Memphis Grizzlies. Sebelumnya, Iguodala menolak bermain untuk tim yang bermarkas di negara bagian Tennessee itu. Para pemain muda Grizzlies pun sebal kepadanya.

Iguodala sendiri sebenarnya sudah tidak muda lagi. Usianya sudah 36 tahun. Ia semakin dekat dengan akhir kariernya.

Marreese Speights, bekas rekan setimnya, lantas mencoba menebak pelabuhan Iguodala berikutnya. Ia menerawang bahwa sang pemain akan cocok menjadi manajer umum. Ia mampu melakukannya.

“Dia merupakan pria yang pintar. Saya pikir ia mampu menjadi seorang manajer umum atau pelatih suatu hari kelak. Mungkin pemilik klub juga,” kata Speights kepada Brandon “Scoop B” Robinson dari Heavy.com.

Speights telah melihat Iguodalan tumbuh dewasa dari dekat. Ia merasa kehadirannya berdampak positif kepada pemain muda. Mereka bersama-sama membela Golden State Warriors pada periode 2013—2016. Speights keluar lebih dulu. Iguodala menyusul pada musim panas 2019.

Bersama Warriors, Speights dan Iguodala meraih gelar juara sekali. Mereka merengkuhnya pada 2015. Keduanya sebenarnya punya kesempatan untuk menambah gelar. Namun, kalah oleh Cleveland Cavaliers pada final 2016.

Iguodala kini melanjutkan kariernya bersama Heat, sementara Speights tidak bermain dengan tim NBA mana pun. Ia terakhir kali tampil di Cina. Namun, kembali ke Amerika Serikat pada tahun lalu. Speights sempat duduk bersama Robinson untuk membicarakan Iguodala tahun ini.

“Betapa cerdasnya dia. Setelah melihatnya tumbuh dari pemain muda sampai sedikit lebih tua, dia selalu tahu cara bermain dengan benar, dan selalu membimbing anak-anak dengan benar. Dia baik,” katanya dalam percakapan lanjutan.

Pada 2019-2020, Iguodala baru tampil 12 kali. Ia tidak memulai musim ini sejak awal. Namun, muncul pada pertengahan musim. Iguodala mencetak rata-rata 4,8 poin, 4,1 rebound, 1,8 asis, dan 1,1 steal. Persentase tembakannya (FG%) mencapai 50 persen, dengan efektivitas (eFG%) 58,3 persen dan true shooting percentage 56,3 persen. Iguodala berusaha membantu Heat untuk menembus playoff. (GNP)

Foto: NBA

Komentar