IBL

Brooklyn Nets memutuskan untuk berpisah dengan Kepala Pelatih Kenny Atkinson. Mereka sepakat berhenti di tengah musim kompetisi NBA 2019-2020. Vincent Goodwill dari Yahoo! Sports kemudian melaporkan bahwa Kyrie Irving, garda Nets, memilih Tyronn Lue untuk menjadi suksesornya.

Sementara itu, pada laporan lain, Brandon "Scoop B" Robinson dari Heavy.com meyakini bahwa preferensi Irving tentang Lue keliru. Irving tidak memilih bekas pelatihnya itu untuk menjadi suksesor Atkinson. Nets juga tidak buru-buru mencari penggantinya. Mereka menyerahkan tugas memimpin tim kepada Asisten Pelatih Jack Vaughn.   

Irving dan Lue sendiri sebenarnya sempat bekerja sama saat di Cleveland Cavaliers. Mereka menjadi juara NBA pada 2016. Namun, Lue dipecat karena start buruk pada Oktober 2018. Sementara Irving memutuskan hengkang ke Boston Celtics setahun sebelumnya.

Kini, Lue tengah menjabat asisten pelatih Los Angeles Clippers. Ia membantu Doc Rivers yang berperan sebagai kepala pelatih. Clippers memiliki skuat bertabur bintang seperti Kawhi Leonard dan Paul George.

Sebelum menjadi asisten pelatih, Lue sempat dikaitkan dengan Los Angeles Lakers. Mereka sudah bernegosiasi, tetapi sang pelatih menolak karena tawarannya tidak cocok. Akhirnya Lakers melabuhkan pilihan kepada Frank Vogel.

Di sisi lain, Atkinson sudah melatih Nets sejak 2016. Ia sukses mengantarkan tim ke playoff musim lalu. Namun, perubahan wajah di skuatnya membuatnya agak kesulitan musim ini. Apalagi Irving berkali-kali mengalami cedera. Sementara Kevin Durant, yang direkrut pada musim panas lalu, belum juga bisa tampil karena cedera Achilles.

Kendati demikian, Nets tidak berada di luar jangkauan playoff. Mereka menghuni peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Timur. Seandainya mampu mempertahankan itu, Nets bisa kembali ke playoff.

Selama kariernya, Atkinson juga berjasa mengembangkan beberapa pemain. Ia membuat Spencer Dinwiddie tampak seperti pemain All-Star. Joe Harris menjadi pemain tim nasional yang berlaga di Piala Dunia. Caris LeVert dari bukan siapa-siapa menjadi calon bintang.

Sayangnya, Atkinson tidak lagi masuk ke dalam rencana Nets. Mereka memutuskan untuk berpisah. Sumber Yahoo! Sports mengatakan bahwa Nets mendepak Atkinson agar tidak berada dekat Irving dan Durant. Mereka hendak membentuk kultur baru tanpanya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar