IBL

Marcin Gortat resmi pensiun dari NBA. Ia memutuskan untuk mengakhiri kariernya di liga tersohor sedunia setelah 12 tahun. Gortat menghabiskan waktu bersama empat tim berbeda: Orlando Magic, Phoenix Suns, Washington Wizards, dan Los Angeles Clippers.

Pemain berkebangsaan Polandia tersebut terakhir kali bermain di NBA pada 2018-2019 lalu. Ia tidak sempat menyelesaikan kontrak karena Clippers saat itu melepasnya (waive). Gortat pun menunggu kemungkinan lain sampai akhirnya memutuskan pensiun saja.

“Ini waktunya untuk pensiun,” kata Gortat dalam wawancara bersama TVP Info, per ClutchPoints. “Seperti saya bilang sebelumnya, saya sengaja rehat untuk melihat peluang lain, dan akhirnya membuat keputusan ini. Saya akan pensiun. Saya berhenti dari dunia profesional.”

Gortat pertama kali bermain di NBA pada 2005. Suns memilihnya di putaran kedua urutan 57. Namun, mereka menukarnya ke Magic sehingga ia tidak sempat berada di Phoenix, Arizona.

Gortat baru bergabung dengan Suns pada 2010. Saat itu, Magic menukarnya bersama Vince Carter, Mickael Petrus, hak pilih, dan sejumlah uang. Ia bermain di Phoenix selama tiga tahun. Kemudian, dipindahkan ke Wizards melalui bursa tukar pada 2013.

Pemain berjuluk Polish Hammer tersebut menghabiskan waktu lima tahun di Washington. Ia mendapat perpanjangan kontrak AS$60 juta dengan durasi lima tahun pada 2014 sehingga bisa bermain selama itu. Namun, kerja samanya harus berakhir karena Wizards menukarnya ke Clippers.

Sejak 2018, Gortat pun resmi menjadi seorang Clippers. Ia tampil sebanyak 47 kali dengan kesempatan menjadi starter 43 kali. Gortat mencetak rata-rata 5 poin, 5,6 rebound, dan 1,4 asis. Sayangnya, nasib harus membuatnya keluar dari NBA. Clippers melepasnya pada Februari tahun lalu karena merasa tidak begitu cocok.

Gortat kemudian sengaja mengambil jeda. Ia ingin menguji seberapa berharga dirinya. Namun, tiada pula klub yang mau merekrutnya. Ia pun memutuskan pensiun. Keputusan itu datang tahun ini. (GNP)

Foto: NBA

Komentar