IBL

Kabar baru datang dari Boston Celtics. Tim yang identik dengan warna hijau tersebut mengumumkan untuk mempensiunkan jersei Kevin Garnett. Mereka akan menggantung nomor lima ke langit-langit TD Garden pada 2020-2021.

Celtics mengumumkan hal itu sebelum mereka bertanding melawan Los Angeles Clippers hari ini, Kamis, 13 Februari 2020 waktu setempat. Mereka memutuskan untuk memberi penghormatan kepada Garnett atas jasanya mengantarkan tim ke level tertinggi. Selama kariernya bersama Celtics, Sang Pemain menyumbang satu gelar juara pada 2008.

"Saya merasa terhormat dan bersyukur karena nomor saya dipensiunkan Celtics," kata Garnett seperti dikutip NBA.com. "Saya akan selalu menaruh hormat dan menghargai pemilik klub, Danny Ainge, Doc Rivers, rekan tim saya sebelumnya, dan Celtic Nation!"

Garnett sendiri bermain untuk Celtics selama enam tahun (2007—2013). Pada periode itu, ia menyabet –penghargaan-penghargaan individu. Beberapa di antaranya adalah All-Star, All-NBA First Team, Defensive Player of the Year, All-Defensive First Team, dan All-Defensive Second Team.

Garnett mampu mencetak rata-rata 15,7 poin, 8,3 rebound, 2,7 asis, 1,2 steal, dan 1 blok untuk Celtics. Persentase tembakannya (FG%) mencapai 52 persen. Efektivitas (eFG%) 52,1 persen. True shooting percentage (TS%) 56,4 persen.

"Kevin memberikan semua yang dimilikinya kepada Celtics pada setiap latihan, setiap pertandingan, dan perpaduan unik dari energi, kecerdasan, dan bakatnya menghasilkan yang terbaik kepada rekan satu tim dan pelatihnya," kata President of Basketball Operations Danny Ainge.

Meski berjaya bersama Celtics, Garnett sebenarnya tidak memulai dan mengakhiri kariernya di sana. Garnett masuk ke NBA pertama kali melalui Minnesota Timberwolves. Kemudian, pensiun juga sebagai Timberwolves.

Garnett sempat bermain untuk Brooklyn Nets pascakariernya di Boston. Hanya saja itu tidak berjalan lancar. Garnett pun kembali ke Minnesota untuk berperan sebagai senior yang membimbing pemain-pemain muda.

Kini, Garnett sibuk dengan kegiatannya di luar lapangan. Ia juga sering muncul di televisi. Bahkan, sempat punya acara sendiri bernama Area 21. (GNP)

Foto: NBA

Komentar