IBL

Boston Celtics gagal mengalahkan Milwaukee Bucks di semifinal wilayah timur dalam Playoff NBA 2018-2019. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat Al Horford untuk terus membela tim. Ia ingin bertahan bersama Celtics meski mengorbankan nominal kontraknya musim depan.

Horford bersedia kembali ke tim dengan pengorbanan agar Celtics bisa melakukan perubahan. Padahal ia memiliki opsi pemain (player option) dengan nilai mencapai AS$29 juta musim depan. Ia bahkan bisa saja mengorbankan lebih banyak hal seandainya bisa bersama tim dua tahun lagi.

Selama ini, senter berusia 32 tahun itu punya peran besar di tim. Ketika performa Celtics naik-turun, Horford justru relatif stabil. Ia menjadi sosok pemimpin yang suaranya didengar tim.

Horford mengoleksi rata-rata 13,6 poin, 6,7 rebound, 4,2 asis, dalam 68 pertandingan reguler pada 2018-2019. Ia juga cukup bergun di playoff dengan rata-rata 13,9 poin, 9 rebound, 4,4 poin per pertandingan. Horford menjadi salah satu pion penting dalam menghentikan jagoan Bucks, Giannis Antetokounmpo, di pertandingan pertama semifinal wilayah.

Pada musim panas nanti, Horford punya kesempatan pergi dari Boston. Namun, ia memilih untuk bertahan. Lagipula Celtics juga tampak menginginkannya. Hanya saja itu tergantung masa depan mereka.

Sementara itu, Kyrie Irving belum juga menentukan pilihannya. Ia bisa saja menetap atau pindah ke tim lain. Sebab, kontraknya habis sebentar lagi. Keputusan Irving akan ikut menentukan arah perubahan Celtics musim depan. Apalagi mereka juga mengincar Anthony Davis yang sama-sama menjadi pemain bebas. (GNP)

Foto: NBA

Komentar