IBL

Murray State memutuskan untuk mengistirahatkan jersei Ja Morant. Kepala Pelatih Matt McMahon mengumumkan itu hari ini, Selasa, 28 Januari 2020 waktu setempat. Ia mengatakan bahwa Murray State akan mengistirahatkan jersei Sang Pemain pada Februari mendatang.

Morant sendiri membela Murray State selama dua musim (2018—2019) di NCAA. Selama itu, ia mengenakan jersei bernomor punggung 12. Namanya semakin mencuat kala memenangi gelar Consensus First Team All-American pada 2019.

Pemain yang kini berusia 20 tahun tersebut juga sempat masuk ke jajaran First Team All-OVC dalam dua musim beruntun (2018—2019). Pada musim pertamanya, bahkan mampu merebut satu kursi di OVC All-Newcomer Team. Sementara pada musim terakhirnya, menjadi OVC Player of the Year dan OVC Tournament MVP.

Sayangnya, Morant gagal mengantarkan Racers—sebutan tim bola basket Murray State—menjadi juara. Mereka harus tumbang pada putaran kedua karena kalah dari Florida State di March Madness tahun lalu. Setelah itu, Morant memutuskan untuk meninggalkan kampusnya demi melanjutkan karier ke NBA.

Memphis Grizzlies kemudian memilihnya pada urutan kedua NBA Draft 2019. Morant kini tengah meniti jalan sebagai bintang masa depan. Perlahan-lahan bahkan menjadi wajah utama timnya.

Sampai hari ini, Morant telah bermain sebanyak 41 kali di NBA. Menit bermainnya mencapai 29,9 menit per pertandingan. Pada kesempatan itu, ia mampu mengumpulkan rata-rata 17,5 poin, 3,5 rebound, 7,1 asis, dan 1,1 steal. Persentase tembakannya (FG%) menyentuh 48,8 persen, dengan efektivitas (eFG%) 54,5 persen dan true shooting percentage (TS%) 54,9 persen.

Morant meraih dua kali gelar Rookie of the Month. Ia menjadi salah satu pelari terdepan dalam perebutan gelar Rookie of the Year. Tidak aneh seandainya Murray State rela mengistirahatkan nomor 12 untuk Morant. (GNP)

Foto: NBA

Komentar