IBL

Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan udara di dekat Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu, 26 Januari 2020 waktu setempat. Ia meninggal bersama delapan orang lainnya, termasuk putrinya yang berusia 13 tahun. NBA pun berduka seketika. Kesedihannya bahkan sampai ke seluruh dunia.

Beberapa orang segera memberi penghormatan sejak hari naas tersebut. Dalam bentuk apa pun yang mereka bisa. Para pemain NBA, misalnya, mengganti nomor punggungnya yang kebetulan sama dengan nomor punggung Bryant (8 dan 24). Namun, ada pula yang tetap mengenakannya karena alasan yang sama.

Spencer Dinwiddie

Spencer Dinwiddie, garda Brooklyn Nets, memakai jersei nomor punggung delapan sejak masih membela Detroit Pistons pada 2014 silam. Namun, ia rela menggantinya untuk menghormati Bryant. Dinwiddie menanggalkan nomor 8, lalu menggantinya dengan 26. Menurutnya, 26 merepresentasikan penjumlahan dari tanggal lahir anaknya, Elijah (20), dengan dirinya sendiri (6).

Terence Ross

Terrence Ross mengganti nomor punggung 31 dengan 8 pada 2019-2010. Namun, itu tidak berlangsung lama. Ia tidak ingin memakainya lagi demi menghormati Bryant. Ross memilih untuk menanggalkan nomor 8 dan kembali kepada 31.

Jahlil Okafor

Jahlil Okafor memutuskan untuk mengganti nomor punggung dari 8 ke 9. Selama kariernya, ia berarti sudah berganti nomor dua kali. Pada awal karier, Okafor menggunakan nomor 8, tetapi pindah ke nomor 4 kala membela Brooklyn Nets. Kemudian, kembali kepada nomor 8 begitu bergabung dengan New Orleans Pelicans musim ini. Pada pertengahan musim, ia mengganti nomornya lagi demi Bryant.

Quinn Cook

Saat para pemain NBA mengganti nomornya demi Bryant, Quinn Cook ternyata punya pilihan berbeda. Garda Los Angeles Lakers tersebut mengganti nomornya karena putri Bryant, Gianna Maria-Onore, yang ikut meninggal dalam kecelakaan. Cook pindah dari nomor 2, yang merupakan nomor punggung Gianna, ke 28. Menurut Cook, 28 berarti 2 (Gianna) dan 8 (Bryant).

Kemba Walker

Kemba Walker menggunakan nomor delapan sejak ruki. Ia juga berpikiran untuk pindah ke nomor lain karena Bryant. Namun, belum benar-benar pasti. Menurutnya, tetap menggunakan nomor delapan juga bisa menjadi salah satu bentuk menghormati Sang Legenda. (GNP)

Foto: NBA

Komentar