IBL

Dallas Mavericks bergerak cepat dalam mengantisipasi cedera yang dialami salah satu penggawa mereka, Dwight Powell. Absennya Powell yang terkena cedera achilles disadari betul oleh Mavericks akan meninggalkan lubang di area senter. Sebagai gantinya, Mavericks melakukan pertukaran dengan Golden State Warriors untuk mendatangkan Willie Cauley-Stein (WCS).

Dilansir oleh laman resmi NBA, kesepakatan ini terjadi Jumat malam, 24 Januari 2020. Sebagai ganti kepergian WCS, Mavericks mengirimkan hak memilih putaran kedua NBA Draft 2020. Pertukaran ini terjadi hanya beberapa saat setelah Mavericks melepaskan Justin Patton yang juga baru saja mereka dapatkan dengan cara pertukaran dengan Oklahoma City Thunder. Mavericks sendiri mengirim ruki mereka, Isaiah Roby sebagai ganti Patton.

WCS sendiri baru datang ke Warriors di musim panas lalu. Ia sepakat dengan kontrak hanya AS$4,4 juta untuk dua musim. Melihat pertukaran yang terjadi kali ini, secara nilai, bisa dibilang Mavericks sangat beruntung. Ia bisa mendapatkan senter yang tidak buruk-buruk amat hanya dengan mengirimkan hak memilih putaran kedua.

Pun begitu, bukan berarti Mavericks bisa jadi lebih berbahaya. Pasalnya, jika melihat penampilan WCS sepanjang kariernya, ia tak lebih dari sekadar seorang senter konvensional yang mengandalkan fisiknya saja. Bersama Warriors musim ini pun, statistiknya bahkan lebih rendah dari dua musim terakhir ia membela Sacramento Kings. Dalam rataan 22,9 menit berlaga musim ini, ia mengemas 7,9 poin, 6,2 rebound, dan 1,2 blok per gim. Efisiensi tembakannya pun hanya 56 persen dan ia sama sekali tak mengancam dari area tripoin.

Hal ini berbanding terbalik dengan Powell. Meski baru secara reguler menembak tripoin dalam dua musim terakhir, akurasi 30 persen Powell bisa membuat lawan berpikir ulang untuk melepaskannya begitu saja di area tripoin. Hal ini juga yang membantu Powell menorehkan rataan 9,4 poin dan 5,7 rebound per gim dari 40 laga musim ini.

Menarik menunggu bagaimana Mavericks akan memaksimalkan kemampuan WCS. Tak menutup kemungkinan juga, WCS hanya akan berperan sebagai pemain cadangan. Mavericks bisa saja turun dengan Kristaps Porzingis sebagai senter dan memasukkan Dorian Finney-Smith di posisi forwarda. Formasi ini sudah mereka coba dalam gim melawan Portland Trail Blazers dan terbukti berhasil meraih kemenangan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar