IBL

Perjalanan Dallas Mavericks untuk lolos ke playoff di sisa musim ini akan menjadi lebih berat. Pasalnya, mereka hampir dipastikan kehilangan salah satu pilar mereka musim ini, Dwight Powell. Dalam lanjutan laga Mavericks yang berhadapan dengan Los Angeles Clippers, Powell mengalami cedera di sisa 2:57 kuarter pertama. Buruknya lagi, cedera tersebut terjadi tanpa kontak dan Powell tampak memegangi area betisnya.

Setelah dibawa ke ruang perawatan, tim kesehatan Mavericks memastikan Powell tak bisa kembali bermain di gim ini. Tak berselang lama, The Athletic mengabarkan bahwa Powell kemungkinan besar mengalami cedera robek di area otot achillesnya. Cedera seperti ini butuh operasi dan akan memakan waktu lama untuk kembali pulih. Oleh karena itu, musim Powell dipastikan berakhir lebih cepat.

Cedera ini benar-benar merusak musim Mavericks dan Powell. Bagaimana tidak, Mavericks kini berada di urutan kelima klasemen sementara Wilayah Barat, posisi terbaik mereka dalam lima tahun terakhir dan sudah mengantongi 27 kemenangand ari 43 gim.

Untuk Powell, musim ini ia bermain 39 kali dan hanya tiga kali tidak jadi pilihan utama. Ia menyumbangkan 9,6 poin, 5,7 rebound, dan 1,5 asis per gim. Catatan rebound dan asis tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang kariernya. Ia juga menorehkan catatan tertinggi sepanjang kariernya untuk akurasi dengan 64 persen.

Cedera Achilles sendiri telah menjadi salah satu hal paling menakutkan dalam karier seorang pemain basket. Lamanya proses pemulihan membuat pemain sering kehilangan sentuhannya, apalagi jika sedang dalam kondisi terbaik seperti Powell. Lalu, belum lagi masalah trauma yang juga harus bisa diatasi oleh pemain jika kembali bermain.

Secara rata-rata, NBA mencatat bahwa pemain yang mengalami cedera Achilles ini setidaknya absen selama 280,6 hari. Jika mengikuti perhitungan rata-rata tersebut, maka Powell baru kembali sembilan bulan lagi. NBA biasanya akan memulai musim pada bulan Oktober, sementara musim reguler akan berakhir di kisaran awal April. Jika sesuai waktu itu, maka Powell akan kembali bermain di kisaran pramusim NBA 2020-2021. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar