IBL

DaShaun Najee Wiggins tidak bisa melanjutkan pertandingan pada dua menit terakhir, ketika NSH Jakarta berjumpa Prawira Bandung, di IBL 2020 Seri 2 Bandung, di GOR C-Tra Arena, 17 Januari 2020. Ia terpeleset di lapangan, dan mengerang kesakitan. Setelah diperiksa dokter, Wiggins mengalami memar pada Medial Collateral Ligament (MCL).

Wiggins cedera setelah tampil selama 27 menit dan menyumbang 17 poin, 2 rebound, 5 asis, dan 3 steal. Meski Wiggins cedera, akhirnya NSH bisa menutup laga dengan kemenangan, 67-62, atas Prawira Bandung.

Bila dilihat dari peristiwa yang terjadi, memang saat itu di bagian sudut lapangan baru saja terjadi perebutan bola. Kemungkinan besar lapangan licin akibat keringat pemain. "Saya kurang melihat jelas apa yang terjadi. Tetapi memang setelah itu pertandingan dihentikan karena Wiggins tidak bangun," ucap Antonius Ferry Rinaldo sebagai kepala pelatih NSH.

Indikasi awalnya, Wiggins mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament). Tetapi setelah mendapat pemeriksaan intensif di Jakarta, Wiggins dinyatakan aman dari cedera tersebut. Hanya saja, bagian MCL yang memar.

"Menurut hasil pemeriksaan dokter, ACL aman. Hanya memar di bagian MCL," jelas AF Rinaldo. "Saat ini penanganan yang bisa dilakukan adalah terapi selama satu minggu penuh. Kemudian satu minggu lagi sudah bisa ikut latihan. Kemungkinan besar bisa diturunkan untuk seri ketiga nanti."

Cedera Wiggins memang merugikan bagi NSH. Sebab, posisi NSH di klasemen kurang baik. Mereka ada di peringkat tujuh dengan dua kali menang dari empat laga. Jumlah kemenangan yang sama juga dicetak oleh Satria Muda Pertamina Jakarta, Bima Perkasa Yogyakarta, dan Louvre Surabaya.

Seri 3 Jakarta akan berlangsung di Britama Arena, pada 31 januari hingga 2 Februari 2020 mendatang. Setidaknya masih ada waktu sembilan hari untuk memulihkan kondisi DeShaun Wiggins. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar