IBL

NBA kembali mengumumkan hasil pungutan suara dalam ajang pemilihan pemain NBA All-Star 2020. Mereka mengumumkan itu pada Kamis, 9 Januari 2020 waktu setempat. Nama LeBron James, megabintang Los Angeles Lakers, mencuat pada periode kali ini.

James bahkan mampu menyalip Luka Doncic (Dallas Mavericks) dan Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks) yang sebelumnya memimpin. Sang Raja kini mengantungi 3.359.871 suara—terhitung sejak 25 Desember 2019 lalu. Angka itu bisa bertambah pada periode ketiga yang akan diumumkan pada 16 Januari mendatang.

Sebelumnya, James mengantungi 1.020.851 suara. Angkanya naik sekitar 2.339.020 sejak pengumuman hasil pemilihan pertama. James terbukti populer meski usianya sudah mencapai kepala tiga. Kebintangannya belum pudar. Ia masih bersinar.

Sementara itu, Doncic, yang berada di wilayah pemilihan yang sama dengan James (Wilayah Barat), duduk di peringkat dua. Ia mengantungi 3.277.870 suara. Dengan itu, Doncic menjadi yang terbaik di antara para garda.

Antetokounmpo, di sisi lain, tetap populer di Wilayah Timur. Ia mengantungi 3.259.383 suara. Perolehannya jauh di atas pemain lain di wilayah yang sama. Joel Embiid (Philadelphia 76ers), yang duduk di peringkat dua Wilayah Timur, misalnya, hanya mengantungi 1.784.211 suara.

Pemilihan pemain All-Star ini dipilih oleh para penggemar. Mereka punya hak suara mencapai 50 persen. Para penggemar turut andil menentukan 10 starter, yang terdiri dari 6 forwarda dan 4 garda dari Wilayah Barat dan Timur. Sementara itu, pemain dan media punya hak mencapai masing-masing 25 persen.

Para kepala pelatih juga punya hak suara dalam ajang pemilihan ini. Mereka turut andil dalam menentukan pemain cadangan.

Pemilihan pemain All-Star ini akan berlangsung hingga 20 Januari. Bertepatan dengan Hari Martin Luther King Jr., yang merupakan hari besar Amerika Serikat. Sebelum itu, NBA akan mengumumkan hasil pemilihan ketiga yang mengungkap perubahan perolehan suara. All-Star sendiri berlangsung pada 16 Februari di United Center, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. (put)  

Foto: NBA

Komentar