IBL

Nikola Jokic membantu Denver Nuggets membungkam Dallas Mavericks. Mereka menang atas lawan dengan skor tipis 107-106. Jokic mencetak 33 poin, 6 rebound, dan 7 asis di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, Rabu, 8 Januari 2020 waktu setempat.

Dalam pertandingan ini, peran Jokic tampak sangat vital. Ia melakukan segalanya untuk membantu Nuggets memenangi pertandingan, termasuk tembakan terakhir di pengujung kuarter empat. Berkat itu, timnya menang satu poin.

Meski begitu, Jokic tidak tampil sendirian. Ia juga dibantu beberapa pemain yang menyumbang dobel digit poin untuk Nuggets. Jerami Grant, misalnya, mengumpulkan 15 poin dan 5 rebound selama 33 menit 39 detik.

Jamal Murray, garda utama, di belakangnya dengan 14 poin dan 5 asis. Malik Beasley 10 poin dan 5 rebound dari bangku cadangan. Mason Plumlee 10 poin dan 5 rebound dari tempat yang sama.

Sementara itu, Mavericks berusaha melawan lewat Luka Doncic. Sang Jagoan hampir mencetak tripel-dobel dengan 27 poin, 9 rebound, dan 10 asis. Namun, melakukan enam kesalahan berujung serangan balik (turnover) yang merugikan tim.

Selain Doncic, Dwight Powell dan Tim Hardaway Jr. berusaha membantu. Mereka mencetak 16 dan 15 poin sebagai starter. Seth Curry dan Maxi Kleber juga menambahkan 14 dan 13 poin dari bangku cadangan. Hanya saja, tambahan-tambahan itu tidak menyelamatkan wajah mereka di depan penggemar sendiri. Mavericks tumbang karena tembakan terakhir Jokic.

Padahal tim asal Dallas itu membuka pertandingan dengan baik. Mereka unggul 32-27 pada kuarter satu. Doncic dkk. juga mempertahankan posisinya pada kuarter berikutnya. Saat itu, skor sementara 59-56 untuk kepemimpinan Mavericks.

Nuggets kemudian berusaha melawan. Mereka mencetak 30 poin pada kuarter tiga. Namun, Mavericks tangguh. Mereka membalasnya tunai. Perolehan kuarter itu imbang sehingga Mavericks tetap unggul 89-86.

Masuk ke kuarter empat, pertandingan semakin sengit. Nuggets berusaha mengejar. Mereka berhasil melakukannya, tetapi Mavericks juga tidak mudah menyerah. Apalagi mereka tampil di hadapan penggemar sendiri.

Petaka kemudian datang. Dalam kondisi unggul, Mavericks mendapat tekanan. Jokic yang melakukan layup memasukkan tembakannya pada sisa waktu tujuh detik. Mavericks terpaksa mengambil jeda untuk menyusun serangan terakhir. Upaya itu pada akhirnya gagal. Nuggets menang satu poin.

Selanjutnya, Jokic dkk. akan menghadapi Cleveland Cavaliers. Pertandingan berlangsung tiga hari lagi. Sementara itu, Maverick sudah harus bermain lusa. Mereka mesti berjumpa Los Angeles Lakers lagi. (put)

Foto: NBA

Komentar