IBL

Denver Nuggets melanjutkan tren positif mereka di NBA 2018-2019. Tim asuhan Michael Malone itu menundukkan Dallas Mavericks 126-118 di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat, Selasa 18 Desember 2018 waktu setempat. Keberhasilan itu pun menjadi kemenangan keempat beruntun mereka sejak seminggu lalu.

Nikola Jokic, senter, tampil impresif dengan dobel-dobel 32 poin dan 16 rebound. Jamal Murray juga gemilang dengan dobel-dobel 22 poin dan 15 asis. Duet keduanya membuat Mavs tidak berdaya di rumah Nuggets. Belum lagi duo cadangan Monte Morris dan Trey Lyles juga berkontribusi penting dengan mencetak masing-masing 16 poin. Juancho Hernangomez, Malik Beasley, dan Mason Plumlee lalu menambahkan 12, 12, dan 11 poin.

Sementara itu, Mavs mengandalkan Harrison Barnes. Forwarda bernomor punggung 40 itu bermain selama 34 menit. Ia mencetak 30 poin dengan akurasi tembakan 62,5 persen, termasuk 5 dari 8 tripoin. Luka Doncic, ruki andalan mereka, berada di belakangnya dengan dobel-dobel 23 poin dan 12 asis.

Kedua tim sebenarnya bisa bermain ketat, bahkan saling memukul balik di tiga kuarter pertama. Namun, Nuggets bisa unggul setelah memasukkan 55,6 persen tembakannya. Sementara itu, mereka menahan tembakan Mavs di angka 46,5 persen. Pertahanan Nuggets di kuarter empat menyulitkan tamunya. Padahal Mavs di awal pertandingan bisa menguasai permainan.

Mavs bahkan membuka setengah pertandingan di kuarter satu dengan baik. Doncic dan Matthews mencetak tiga tripoin untuk membuat timnya unggul 20-13 di sisa waktu 5:36. Namun, Nuggets rupanya bisa mengatasi tekanan sehingga mereka berbalik unggul satu poin (34-33) di akhir kuarter itu.

Di kuarter dua, Kepala Pelatih Rick Carlisle lalu memainkan Dirk Nowitzki. Pemain legenda berkebangsaan Jerman itu bermain untuk ketiga kalinya musim ini. Ia sempat membantu Mavs unggul lagi 45-43 di tiga menit pertama. Kendati begitu, Nuggets berhasil mengatasi tamunya dengan memukul balik di pertengahan kuarter. Mereka unggul 74-69.

Pertandingan sempat berlangsung ketat di awal kuarter tiga. Mavs berhasil unggul lagi. Doncic mencetak dobel-dobel 17 poin dan 11 asis. Garda utama Mavs itu mendapat 10 kesempatan menembak gratis di kuarter itu. Padahal di paruh pertama, ia tidak mendapatkan tembakan gratis sekalipun.

Di sisi lain, Nikola Jokic menjadi momok mengerikan bagi Mavs di pertandingan ini. Senter Nuggets tersebut benar-benar menyulitkan tamunya. Ia bahkan sudah mencetak dobel-dobel 30 poin dan 11 rebound. Ia menjadi dalang yang membuat Nuggets berbalik unggul 105-97 di kuarter tiga.

Mavs sempat memangkas ketinggalan menjadi tiga poin (104-107) di kuarter empat. Sayangnya, Nuggets terlalu kuat untuk mereka. Murray, misalnya, mampu bertahan dan menyerang sama baiknya di kuarter itu. Ia memimpin tim ketika Jokic tidak seaktif kuarter-kuarter sebelumnya. Murray membuat Nuggets menang 126-118.

Selanjutnya, Nuggets akan melawat ke Los Angeles guna menghadapi Clippers di Staples Center empat hari lagi. Sementara itu, Mavs akan lebih dulu melawan Clippers di sana lusa. (GNP)

Foto: NBA

Komentar