IBL

Hari kedua DBL Academy Holiday Camp berjalan semakin seru. Jika di hari pertama latihan hanya dibagi menjadi dua sesi. Di hari kedua ini, latihan dibagi menjadi tiga sesi. Tiga sesi di hari Sabtu, 28 Desember 2019, ini adalah sesi fundamental, kelas nutrisi, dan trik menyerang.

Di sesi fundamental, tim pelatih DBL Academy memusatkan latihan pada empat hal, melantun (dribble), bertahan, mengumpan, dan menembak. Empat hal ini memang merupakan empat hal yang wajib dikuasai setiap pemain basket, tidak peduli postur tubuh atau posisi bermain.

Usai menjalani latihan-latihan dasar, para peserta bergeser masuk ke dalam kelas. Di sini, setiap peserta mendapatkan pengajaran tentang menjaga nutrisi tubuh. Didit Pamungkas, pelatih DBL Academy khusus untuk nutrisi pun memberikan pembelajaran tentang pentingnya menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh. Menariknya, ia memberikan contoh asupan sederhana yang dikonsumsi sehari-hari.

“Hal yang paling sederhana adalah mengubah cemilan seperti minuman manis seperti bobba menjadi konsumsi buah,” ujar Didit. “Kalau sekali dua kali, minuman manis memang tidak masalah. Namun, jika terus dikonsumsi dalam jumlah masih, tentunya ini bisa mempengaruhi berat badan.”

Tak berhenti di situ, Didit juga memberikan anjuran konsumsi harian para peserta. Untuk usia 10-17 tahun, ada baiknya konsumsi harian mereka memiliki kandungan 60-70 persen karbohidrat, 20-30 persen protein, dan tambahan vitamin serta mineral. Jika terus diperhatikan dengan baik, ditambah latihan yang tepat, kondisi pemain bisa sangat prima.

Setelah kelas nutrisi, para peserta kembali ke lapangan untuk melanjutkan sesi latihan bersama para pemain tim IBL, Louvre Surabaya. Di sini, Daniel Wenas, Wendha Wijaya, dan Kevin Moses, memberikan pengetahuan mereka tentang cara menyerang kepada para peserta. Mulai dari transisi menyerang, dan permainan menyernag dua lawan dua serta tiga lawan tiga.

“Ketika lawan melakukan kesalahan saat menyerang, kita harus menyerang dengan cepat ke depan. Hal ini (transisi) sangat penting, karena saat keadaan itu, pertahan lawan masih belum siap dan kita bisa memanfaatkannya dengan baik,” ungkap Kevin Moses saat memberikan pelajaran tentang transisi.  

Minggu, 29 Desember 2019, akan menjadi hari ketiga sekaligus terakhir rangkaian DBL Academy DBL Camp. (DRMK)

Foto: Dika Kawengian

 

Komentar