IBL

Golden State Warriors menghabisi Phoenix Suns dengan skor 105-96. Padahal mereka sempat tertinggal selama tiga kuarter tanpa pernah unggul sekalipun. Warriors baru bangkit pada kuarter empat dan mempermalukan Suns di Chase Center, San Francisco, California, Amerika Serikat, Jumat, 27 Desember 2019 waktu setempat.

D’Angelo Russell membuat Suns tampak seperti tim kelas teri. Ia mencetak 31 poin dengan persentase 40 persen. Russell juga mengumpulkan 5 rebound dan 6 asis. Pemain Suns kesulitan menghentikannya.

Selain Russell, Damion Lee juga berguna hari ini. Ia mencetak 16 poin dan 8 rebound. Alex Burks, garda cadangan, menambahkan 13 poin dan 5 rebound. Glenn Robinson III 12 poin dan 6 rebound. Draymond Green 11 poin dan 7 rebound.

Sementara itu, Suns mengandalkan Devin Booker. Sang Jagoan mencetak 34 poin. Itu merupakan 30+ poin ke-8 Booker musim ini. Namun, pencapaiannya rusak karena timnya kalah. Apalagi ia tidak mendapat bantuan yang berguna dari teman-temannya.

Selain Booker, hanya ada tiga pemain yang mencetak dobel digit poin. Dario Saric dobel-dobel 11 poin dan 10 rebound. Ricky Rubio 11 poin. Frank Kaminsky 10 poin. Namun, semuanya tidak berkutik menghadapi Warriors, terutama pada kuarter empat.

Russell dkk. meninggalkan Suns dengan perolehan 39-18 pada kuarter itu. Mereka telat panas, tetapi cukup beruntung bisa menang karena kegigihannya. Warriors berhasil memanfaatkan ketidakmampuan pemain Suns untuk bertahan dengan baik. Mereka mengekploitasi celah-celah dalam pertahanan lawan untuk mendulang poin dan memenangi pertandingan.

Padahal, pada mulanya, Suns selalu unggul. Mereka membuka pertandingan dengan skor 29-25. Kemudian, melebarkan jarak 51-43.

Suns masih unggul pada kuarter tiga. Mereka mencetak 27 poin lagi saat itu. Skor sementara 78-66.

Warriors kemudian bangkit. Mereka menghabisi Suns pada kuarter empat. Russell dkk. membuat lawannya tidak berdaya, lalu menang dengan skor akhir 105-96. Suns terpaksa pulang dengan kondisi memalukan. Mereka unggul hampir sepanjang pertandingan, tetapi malah kandas oleh tim paling dasar di klasemen Wilayah Barat. Itu membukikan bahwa Suns memang belum mampu naik kelas. Mereka tidak pernah menembus playoff dan berubah menjadi pesakitan selama satu dekade terakhir. Pada 2018-2019, jika tidak bangkit, mereka bisa saja mengulang hal yang sama.

Sementara itu, Warriors sendiri sudah menang empat pertandingan beruntun sejak minggu lalu. Sayangnya, mereka masih terdampar di dasar klasemen setelah lima musim terbaik mereka belakangan ini. Tim asuhan Steve Kerr itu mengantungi rekor menang-kalah 9-24. Selanjutnya, Warriors akan menghadapi Dallas Mavericks besok. Pada hari yang sama, Suns (11-20) bertemu Sacramento Kings di Golden 1 Center. (put)

Foto: NBA

Komentar