IBL

LeBron James gagal membuat Los Angeles Lakers menang melawan Milwaukee Bucks. Namun, ia berhasil mencetak rekor baru di Fiserv Forum, Milwaukee, Winconsin, Amerika Serikat, Kamis, 19 Desember 2019 waktu setempat. James naik peringkat dalam daftar asis terbanyak sepanjang masa.

Sang Raja menggeser Gary Payton (8966) di peringkat sembilan dengan total 8970 asis. James mengoleksi empat asis lebih banyak dari pensiunan NBA itu. Di atasnya, ada Isiah Thomas yang telah mencetak 9061 asis selama kariernya.

James terpaut 91 asis dengan Thomas. Ia membutuhkan setidaknya dua asis per pertandingan pada sisa musim reguler 2019-2020 untuk menggesernya. Sebab, Lakers baru bermain sebanyak 29 kali. Mereka menyisakan 53 pertandingan musim ini.

Dalam 29 pertandingan, James juga mampu mencetak 10,6 asis per pertandingan. Rata-rata itu lebih dari yang dibutuhkan untuk menggeser Thomas. Melihat potensinya, James bisa saja benar-benar menggesernya.

Pada musim ini, Kepala Pelatih Frank Vogel mengubah posisi James dari forwarda ke garda utama. Itu artinya, James lebih sering memegang bola. Keputusan-keputusan permainan cenderung bertumpu padanya. Kemungkinan untuk asis pun menjadi lebih terbuka.

Meski punya potensi itu, James akan tetap fokus untuk meraih kemenangan daripada mencetak rekor. Selanjutnya, Lakers mesti menghadapi Denver Nuggets. Pertandingan berlangsung tiga hari lagi di markas Lakers di Staples Center. (put)

Foto: NBA

Komentar