IBL

Kristaps Porzingis berusaha mengembalikan kemampuannya pascacedera lutut. Ia perlahan-lahan tampak seperti dirinya yang dulu. Senter-forwarda Dallas Mavericks itu bahkan mampu mencetak rekor baru dalam kariernya.

Porzingis mencetak setidaknya 20 poin dan 10 rebound dalam 3 pertandingan beruntun untuk pertama kalinya. Ia melakukan itu saat menghadapi Miami Heat, Milwaukee Bucks, dan Boston Celtics. Pada pertandingan melawan Celtics, pemain berkebangsaan Latvia itu mencetak 23 poin dan 13 rebound.

Sayangnya, Mavericks gagal memetik kemenangan. Mereka kalah 103-109 di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, Rabu, 18 Desember 2019 waktu setempat. Tiga bintang Celtics (Kemba Walker, Jaylen Brown, dan Jayson Tatum) membuat Mavericks tidak kuasa memenangi pertandingan.

Meski begitu, penampilan Porzingis dalam tiga pertandingan terakhir cukup menegaskan bahwa dirinya mulai kembali bermain seperti dulu. Bagaimana pun, sebelum cedera, ia merupakan pemain kaliber All-Star. Hanya saja, cedera terpaksa membuatnya menepi sementara waktu.

Kini, Porzingis merasa mendapatkan sentuhannya lagi. Kekuatannya juga berangsur pulih. Itu merupakan kabar baik bagi dirinya sendiri.

“Permainan saya mulai kembali, ritme saya juga,” kata Porzingis, seperti dikutip ClutchPoints dari Forbes. “Ini merupakan kemajuan. Saya senang.”

Porzingis telah tampil sebanyak 26 kali bersama Mavericks pada 2019-2020. Ia mencetak rata-rata 17,4 poin, 9,2 rebound, 1,5 asis, dan 2,1 blok. Persentase tembakannya (FG%) berada di angka 40,1 persen. Efektivitas tembakan (eFG%) mencapai 46,8 persen. True shooting percentage (TS%) 50,4 persen.

Dengan performa seperti itu, Porzingis—bersama Luka Doncic—membantu Mavericks bertengger di lima besar (peringkat 4 sementara) Wilayah Barat. Mereka mengantungi rekor menang-kalah 18-9. Selanjutnya, Porzingis dkk. akan menghadapi Philadelphia 76ers.

Pertandingan berlangsung lusa. Mavericks akan melawat ke markas Sixers di Wells Fargo Center. Porzingis kemungkinan besar tampi. Namun, Doncic belum bisa melantai karena cedera engkel. Kepala Pelatih Rick Carlisle pun akan kembali mengandalkan Porzingis sebagai bintang utama mereka. (put)

Foto: NBA

Komentar