IBL

LeBron James bukan tipe pemain yang mahir menembak tripoin pada mulanya. Namun, perlahan-lahan mampu melepas tembakan dari berbagai sisi, termasuk di belakang busur besar. James bahkan naik peringkat dalam daftar pencetak tripoin terbanyak NBA sepanjang masa hari ini, Minggu 15 Desember 2019 waktu setempat.

Sang Raja kini berada di peringkat 18. Menggeser Rashard Lewis yang sebelumnya bertengger di sana. James telah mengoleksi 1788 tripoin selama kariernya di NBA. Ia mendapat rekor itu saat Los Angeles Lakers menghadapi Atlanta Hawks di State Farm Arena, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Lakers menang 101-96. James mencetak 32 poin, 14 rebound, dan 7 asis. Tripoinnya 4 dari 10 upaya.

Di atas James, ada J.J. Redick dengan 1790 tripoin. Ia membutuhkan sekitar dua tripoin untuk menyamai pencapaiannya atau tiga tripoin untuk melewatinya. Namun, Redick masih aktif bermain. Ia bisa mempertahankan posisinya, bahkan naik ke peringkat yang lebih atas. James dan Redick juga bisa saja susul-menyusul.

Sementara itu, di peringkat 16, ada Klay Thompson dengan 1798 tripoin. Saat ini, garda tembak andalan Golden State Warriors tersebut sedang mengalami musibah. Ia mengalami cedera lutut sehingga harus absen sampai tahun depan. James maupun Redick punya kesempatan yang sama untuk menggesernya.

James sendiri belakangan ini cukup tajam dalam melepas tripoin. Persentasenya mencapai 36,5 persen (61/167). Apalagi James bebas menentukan arah permainan dengan bola yang lebih sering berada di tangannya. Sebab, Kepala Pelatih Frank Vogel menurunkannya sebagai garda utama.

Setelah ini, Lakers akan menghadapi Indiana Pacers. Pertandingan berlangsung lusa di Indianapolis. Lakers akan tampil di hadapan penggemar Pacers. (put)

Foto: Los Angeles Lakers/NBA

Komentar