IBL

Toronto Raptors gagal menyapu bersih kemenangan di Los Angeles setelah menerima kekalahan dari Los Angeles Clipers dengan skor 98-88. Kemenangan Tuan Rumah tidak diperoleh dengan mudah. Mereka baru bisa mengambil keunggulan di kuarter empat dengan memanfaatkan efektivitas tembakan (eFG%) dan persentase offensive rebound.

Kontribusi Pemain Cadangan Di Kuarter Empat

Kedalaman kualitas pemain Clippers terlihat di laga ini, terutama di kuarter empat. Para pemain cadangan menjadi aktor bangkitnya tim. Hanya Kawhi Leonard pemain inti yang memiliki menit bermain lebih banyak dibandingkan lainnya. Patrick Beverly bermain di menit-menit akhir saja. Bahkan Patrick Petterson, Ivica Zubac, dan Landry Shamet tidak diturunkan oleh Doc Rivers di kuarter itu.

Walaupun demikian, performa Clippers justru meningkat ketika para pemain cadangan bermain. Mereka—bersama Leonard—berhasil mencetak 25 poin dan menekan produktivitas Raptors dengan hanya menghasilkan 10 poin.

Meski begitu, Leonard tampil kurang maksimal dalam hal serangan. Ia memiliki efisiensi serangan di bawah rata-rata tim. Leonard hanya memiliki efektivitas tembakan 33,3 persen dari 3 upaya tembakan. Bekas pemain Raptors itu juga melakukan dua kesalahan berujung serangan balik (turnover).

Untungnya, Leonard memperlihatkan kemampuannya dalam hal bertahan. Ia berhasil menekan efisiensi serangan lawan dengan hanya kemasukkan 0,4 angka pada setiap penguasaan. Performa bertahan lainnya diperlihatkan dengan 6 defensive rebound dan 2 steal.

Pemain cadangan Clippers menutup kurang maksimalnya performa serangan Leonard. Mereka memiliki rata-rata efisiensi serangan 1,06 angka pada setiap penguasaan. Selain itu, mereka juga berkontribusi terhadap rendahnya efisiensi serangan Raptors. Mereka hanya kemasukkan rata-rata 0,39 angka pada setiap penguasaan lawan.

Montrezl Harrell menjadi pemain terbaik di kuarter empat. Ia berkontribusi terhadap performa serangan dan bertahan dengan memiliki efisiensi bersih 58,3. Harrell mencetak satu angka pada setiap penguasaan dengan menggunakan 15,2 persen USG%.

Senter-forwarda nominasi Sixth Man of the Year 2019 itu juga merupakan kontributor utama kukuhnya pertahan Clippers. Ia mampu memperoleh 5 defensive rebound, 2 steal, 2 blok, dengan hanya melakukan 1 pelanggaran.

Faktor Persentase Offensive Rebound dan Persentase Turnover

Pada laga ini, Raptors menampilkan performa defensive rebound yang sangat buruk sehingga Clippers memiliki kesempatan menghasilkan angka yang lebih tinggi. Hal tersebut berhasil dimanfaatkan Clippers dengan menghasilkan 15 poin dari kesempatan kedua. Bahkan, pada babak kedua, Clippers memiliki persentase offensive rebound yang sangat impresif, yaitu 51 persen dari 31 kesempatan rebound. Jumlah offensive rebound Clippers menggungguli jumlah defensive rebound Raptors.

Clippers memang memiliki persentase turnover yang lebih tinggi dibandingkan Raptors. Walau demikian, turnover yang dihasilkan dalam situasi bola hidup Clippers ternyata lebih rendah sehingga berdampak pada lebih rendahnya produktivitas angka Raptors yang berasal dari turnover.

Oleh karena itu, kita tidak boleh meremehkan kualitas pemain cadangan Clippers. Mereka memiliki kemampuan yang pantas seperti pemain inti. Laga melawan Raptors buktinya.

Foto: NBA

Komentar