IBL

NBA melayangkan denda kepada Los Angeles Clippers. Liga melakukannya karena inkonsistensi pernyataan Kepala Pelatih Doc Rivers terhadap kondisi kesehatan Kawhi Leonard. Kebetulan pemain baru Clippers itu tidak tampil dalam pertandingan melawan Milwaukee Bucks di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu 6 November 2019 waktu setempat.

Clippers memasukkan Leonard ke dalam daftar pemain cedera kemarin. Namun, Sang Pelatih mengatakan bahwa anak asuhnya dalam kondisi yang sangat baik. Tidak ada masalah padanya.

“Dia merasa sangat baik,” kata Rivers kepada wartawan, seperti dikutip Yahoo! Sports. “Dia merasa sangat baik dengan apa yang kami lakukan. Kami akan terus melakukannya. Tidak ada masalah di sini. Namun, kami ingin memastikan. Saya pikir Kawhi membuat pernyataan bahwa dia tidak pernah merasa lebih baik. Adalah tugas kami untuk memastikan dia tetap seperti itu.”

Setelah mengaji lebih dalam, NBA menilai pernyataan itu bertentangan satu sama lain. Mereka lantas melayangkan denda kepada Clippers. Nomimal denda mencapai AS$50 ribu.

Meski begitu, NBA tidak melarang Clippers melakukan pengaturan beban kerja (load management). Mereka setuju saja. Itu disampaikan Juru Bicara Mike Bass kepada Adrian Wojnarowski dari ESPN beberapa waktu lalu.

“Kawhi Leonard tidak sehat menurut kebijakan istirahat liga dan tercatat tengah berkutat dengan masalah lutut dalam laporan cedera L.A. Clippers,” kata Bass. “Liga, setelah berkonsultasi dengan direktur kedokteran olahraga NBA, menerima pernyataan staf medis tim bahwa Leonard tidak cukup sehat untuk bermain dalam pertandingan beruntun saat ini.”

Menyusul kajian tambahan, NBA mengatakan bahwa keputusan Clippers mengistirahatkan Leonard sesuai dengan kebijakan liga. Apalagi Clippers punya alasan untuk melakukan itu. Mereka tahu Leonard sempat bermasalah pada patella tendon di lutut kirinya, sehingga membutuhkan pengaturan beban kerja untuk menjaga kondisi kesehatannya.

Hanya saja, NBA tidak suka dengan pernyataan Rivers. Mereka menilai Sang Pelatih tidak konsisten. NBA pun melayangkan denda. (put)

Foto: NBA

Komentar