IBL

Karier Devin Booker bersama Phoenix Suns semakin cemerlang. Dalam usia 23 tahun, ia mampu menggeser Jared Dudley sebagai pencetak tripoin peringkat tujuh dalam sejarah tim. Ia melakukannya saat Suns mengalahkan Memphis Grizzlies 114-103 di FedEx Forum, Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, Sabtu 2 November 2019 waktu setempat.

Booker mencetak tiga tripoin dalam pertandingan itu. Secara total, ia sudah mengumpulkan 544 tripoin selama lima musim. Jumlah itu masih bisa bertambah mengingat betapa mudanya Booker saat ini. Ia juga punya sisa sekitar 76 pertandingan reguler pada 2019-2020.

Dudley, yang kini bermain untuk Los Angeles Lakers, pun percaya Booker bisa melampaui semuanya. Ia mengatakan bahwa bintang muda Suns itu akan menjadi nomor satu.

“Selamat Devin Booker atas pencapaian bersejarahnya!” ujar Dudley melalui akun Twitter-nya. “Rekor memang ada untuk dipecahkan. Anak ini akan benar-benar menjadi nomor satu.”

Setelah ini, Booker akan mengejar Channing Frye. Kebetulan pensiunan NBA itu mencetak 594 tripoin selama kariernya di Phoenix. Booker membutuhkan 50 tripoin lagi untuk menggesernya.

Sementara itu, di puncak daftar pencetak tripoin terbanyak, ada Steve Nash yang belum pernah turun kasta. Ia selalu berada di atas sana dengan total 1051 tripoin. Nash mengumpulkan itu selama 10 tahun. Tidak ada pemain Suns lain yang sempat memecahkan rekornya.

Seperti kata Dudley, Booker punya kesempatan untuk menjadi nomor satu. Ia baru bermain selama empat tahun bersama Suns. Kontraknya masih tersisa sampai 2024. Seandainya perjalanan Suns lancar musim ini, ia kemungkinan bertahan.

Dengan kesempatan itu, Booker bisa menjadi legenda Suns berikutnya. Ia menorehkan beberapa prestasi sejak awal kemunculannya pada 2015. Namun, satu hal yang pasti, Booker ingin mengantarkan Suns ke playoff dulu. Sebab, mereka sudah absen di babak pascamusim reguler sejak 2010 silam. (put)

Foto: NBA

Komentar