IBL

Phoenix Suns tenggelam selama hampir satu dekade ini. Mereka sulit bermain di level yang tinggi. Suns bahkan tidak pernah ke playoff lagi sejak 2010.

Pada 2018-2019, Suns juga terdampar di urutan terakhir (15) Wilayah Barat dengan rekor 19-63. Namun begitu, Devin Booker percaya timnya akan bangkit musim depan. Ia mengatakan itu setelah melihat pergerakan Suns di jeda musim.

Salah satu pergerakan tim asal Phoenix tersebut adalah merekrut pelatih baru. Manajemen mengganti Igor Kokoskov dengan Monty Williams. Williams—yang sudah berkecimpung sebagai pelatih selama 14 tahun—lalu membantu tim merekrut kembali beberapa pemain kunci.

“Saya sangat senang. Sangat senang,” kata Booker kepada SB Nation. “Kami punya jajaran pelatih yang sangat bagus, banyak pemain yang sudah bermain di liga sejak lama. Ricky Rubio, Kelly Oubre Jr., Dario Saric, Aron Baynes, dan beberapa pemain yang membuat saya tidak sabar ingin bermain.”

Booker percaya timnya yang sekarang akan membantunya mengarungi musim dengan baik. Ia menilai para pemain berpengalaman di musim reguler maupun playoff. Garda berusia 22 itu pun berusaha belajar dari mereka, sekaligus memimpin mereka di saat yang sama.

“Kami memiliki tim yang bagus, yang punya pengalaman, punya pengalaman playoff, dan tahu caranya ke sana,” kata Booker lagi. “Saya akan mengikuti mereka, sekaligus memimpin mereka, dan bangkit dari semua ini.”

Booker sendiri sudah membela Suns sejak 2015. Ia merupakan wajah utama mereka saat ini. Booker tampil sebagai pencetak angka utama. Ia mencetak rata-rata 26,6 poin plus 4,1 rebound dan 6,8 asis selama empat musim.

Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 43,7 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 49,4 persen. Sementara true shooting percentage 55,3 persen.

Musim depan, Booker disebut-sebut akan kembali menjadi pencetak angka utama Suns. Sementara pemain lain membantunya. Wajah baru Suns itu membawa angin segar. Namun, kompetisi akan tetap sengit. Apalagi mengingat Wilayah Barat yang semakin kejam. Tim-tim seperti Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers tampak mengancam. Belum lagi beberapa tim ternama seperti—salah satunya—Golden State Warriors yang masih ingin dominan. (put)

Foto: NBA

Komentar