IBL

Deandre Ayton siap melakoni musim keduanya di NBA. Ia bahkan sudah punya rencana untuk musim depan. Ayton mengatakan, dirinya ingin melepas tripoin lebih sering pada 2019-2020.

Pada musim lalu, Ayton memang sering menghabiskan waktu di bawah ring. Ia lebih banyak mendulang angka dari sana. Monty Williams, kepala pelatih baru Suns, kemudian menyarankannya untuk melepas tripoin lebih sering. Ayton tidak harus selalu bermain di bawah ring.

“Dia ada di sana ketika saya melatih tembakan tripoin,” kata Ayton, seperti dikutip situs FanSided. “Saya hendak latihan dan dia di sana menonton. Saya memasukkan banyak tembakan tripoin dalam latihan itu, jadi mata saya terbuka, mereka ingin saya menembak lebih banyak tripoin. Jadi, saya tidak akan menahannya.”

Pada 2018-2019, Ayton hanya melepas tripoin 4 kali dari total 71 pertandingan. Semua tembakannya meleset sehingga persentasenya nol besar. Namun, Ayton mampu melepas 35 tripoin dan memasukkan 12 di antaranya saat masih kuliah di University of Arizona. Kini, tripoinnya sudah lebih bagus lagi karena ia melatihnya. Setidaknya begitu kata pelatihnya. Ayton perlu membuktikannya musim depan.

Williams percaya, tripoin Ayton akan berguna bagi Suns seandainya sang pemain dapat memaksimalkannya. Sebab, dalam beberapa kesempatan, Ayton memiliki peluang untuk melakukan itu. Sayangnya, ia tidak memanfaatkannya.

“Dalam sistem serangan kami, ada beberapa peluang di mana ia bisa melepas tripoin atau mengoper bola,” kata Williams. “Ia sedang melatih itu (tripoin), dan filosofi saya: Seandainya Anda telah melatih itu, lakukanlah. Seandainya Anda memiliki itu dan telah melatihnya, lakukan juga di pertandingan.”

Williams bahkan hendak menggeser posisi Ayton dari senter ke forwarda. Ia ingin anak asuhnya lebih leluasa dengan permainannya. Apalagi Ayton sudah sering bermain di posisi itu. Ia bermain sebagai power forward saat kuliah.

Suns saat ini tengah menggelar kamp latihan. Mereka mencoba segala kemungkinan untuk mencari cara agar Ayton lebih maksimal. Tripoin hanyalah satu dari sekian banyak jalan untuk itu. Setelah ini, Suns akan mencoba lebih banyak hal kepada Ayton. Teman-temannya juga akan membantunya. (put)

Foto: Phoenix Suns/NBA 

Komentar