IBL

Phoenix Suns berusaha mencoba berbagai kemungkinan pada musim 2019-2020. Mereka bahkan hendak mengubah posisi Deandre Ayton dari seorang senter menjadi forwarda. Kebetulan Ayton menyukai ide itu.

Manajer Umum James Jones mengungkap rencana tersebut baru-baru ini. Ia mengatakan bahwa Suns ingin menggeser Ayton ke posisi empat. Apalagi mengingat kehadiran Aron Baynes, pemain posisi lima (senter), pada musim panas 2019 ini.

Jones percaya bahwa Ayton memiliki kemampuan untuk bermain di posisi empat. Padahal, musim lalu, pemain berusia 21 tahun itu selalu mengisi posisi lima. Ia tampil dalam 71 pertandingan reguler 2018-2019 sebagian besar sebagai senter.

Ayton sendiri menyukai rencana itu karena dulu memang sempat bermain di posisi empat. Ia bermain di posisi itu ketika kuliah.

“Ah, saya sudah mendengarnya,” kata Ayton soal rencana perpindahan posisi, seperti dikutip Kellan Olson, Empire of the Suns. “Kembali ke masa kuliah. Posisi saya sebenarnya adalah power forward. Itu menyenangkan. Susunan pemainnya juga besar, jadi saya akan senang melakukannya.”

Performa Ayton saat kuliah mengesankan berbagai pihak. Suns mau merekrutnya karena melihat potensi itu. Ayton mengoleksi rata-rata 20,1 poin, 11,6 rebound, 1,6 asis, dan 1,9 blok dalam 35 pertandingan NCAA bersama University of Arizona. Saat itu, ia bermain sebagai forwarda.  

Ayton juga berhasil membuktikan kemampuannya di NBA. Ia mencetak 16,3 poin dan 10,3 rebound pada masa debutnya di liga profesional itu. Ayton bahkan masuk ke deretan calon peraih Rookie of the Year. Namun, kalah dari Luka Doncic (Dallas Mavericks).

Saat ini, Ayton berusaha meningkatkan dirinya. Ia bersiap untuk kamp latihan Suns. Kemudian, tampil di gelaran pramusim untuk pemanasan. Setelah itu, Ayton akan menghadapi musim baru. Di sanalah semuanya dimulai lagi. (put)

Foto: NBA

Komentar