IBL

Usia yang tak lagi muda dengan performa kian menurun membuat Nate Robinson gagal bertahan dalam persaingan pemain-pemain NBA. Sejak 2015, ia sudah bertualang di Israel, Venezuela, hingga Lebanon. Namun, kepopulerannya di Amerika Serikat belum padam. Baru-baru ini, ia tampil di sebuah program video yang diinisiasi The Player’s Tribune dengan membawakan program “Houseguest”.

Houseguest” membawa para penonton melihat lebih dekat rumah-rumah pesohor yang telah sukses di bidangnya. Mereka mendekorasi sedemikian rupa istananya sehingga sesuai dengan pekerjaan yang ditekuni. Sudah ada delapan nama yang membukakan pintu untuk Nate dan tim video. Mereka adalah Rick Ross, Von Miller, Tony Hawk, James Johnson, DeAndre Jordan, Tamera Young, Steve Aoki, dan Kerri Walsh Jennings.

Baca juga: Li-Ning dan Rick Ross Berkolaborasi untuk Sepatu Dwyane Wade edisi Spesial

Rekam jejak Nate di platform video terbesar di internet itu dimulai sembilan tahun lalu. Ia membuka saluran Official Nate Robinson pada 24 Juli 2010. Sebuah diari video berjudul “State of Nate” sepanjang tiga musim ditayangkan periode 2011-2014. Masing-masing musim berisi 10 episode. Masa tersebut adalah ketika ia berpindah-pindah tim NBA mulai Oklahoma City Thunder, Golden State Warriors, Chicago Bulls, dan Denver Nuggets.

Rutinitas membuat video mulai berkurang pada 2015. Ia hanya mengunggah dua video dalam setahun. Kala itu, ia berada di fase ketidakjelasan tempat bernaung. Dalam setahun ia berpindah ke tiga tim: Denver Nuggets, Los Angeles Clippers, dan New Orleans Pelicans. Di tahun berikutnya, ia hijrah ke Israel untuk membela Hapoel Tel Aviv. Saluran YouTube-nya pun mulai tidak terurus sejak ia meninggalkan Negeri Paman Sam.

Lama tak terdengar kabarnya, Nate Robinson mulai aktif kembali. Kali ini, ia mendapat tawaran dari Derek Jeter selaku pendiri The Player’s Tribune. Legenda tim MLB New York Yankee itu mendirikan laman ini pada 2014. Konten utamanya adalah menyediakan program yang dibawakan sendiri oleh Sang atlet. Isaiah Thomas juga pernah jadi kontributor dari kalangan pebasket NBA di sana. Konten berjudul “Book of Isaiah” yang terdiri atas 12 video dilepas ke publik pada 2017. Selain itu, terdapat pula kumpulan video-video pendek tentang Kobe Bryant pada 2015. Kala itu, ia didiagnosa mengalami cedera bahu yang dapat mengancam karir basketnya.

Karakter menyenangkan Nate Robinson bisa jadi pencair dari konten-konten berat yang disajikan saluran The Player's Tribune. Ia membawa suasana kunjung rumah jadi menyenangkan. Program ini mengingatkan saya pada acara MTV Cribs yang sempat populer di era 2007-an. Namun, dengan durasi yang lebih pendek, kita tidak bisa melihat seluruh sudut rumah. Meski begitu, obrolan bersama pemilik rumah yang Nate pandu cukup informatif. Ada sesuatu yang didapat selain sekadar kagum atas hasil kesuksesan para pesohor itu.

Baca juga: Ratu Sneaker di WNBA Tahun Ini Jatuh kepada Tamera Young

Foto: The Player's Tribune

Komentar