IBL

Domantas Sabonis akan menetap di Indiana dalam jangka waktu yang lama. Sebab, Pacers sepakat menyodorkan perpanjangan kontrak kepadanya hari ini, Senin 22 Oktober 2019 waktu setempat.

Menurut Adrian Wojnarowski, ESPN, kontrak itu berdurasi empat tahun dengan nilai AS$77 juta. Dengan ekstensi kerja sama, Sabonis bahkan bisa mendapatkan lebih dari nilai kontraknya. Ia berkesempatan mendapatkan AS$85 juta lewat bonus. Pacers mencoba mengharga pemainnya itu sesuai kontribusinya belakangan ini dan potensinya ke depan.

Selama dua musim ini, Sabonis memang telah menjadi bagian penting tim. Ia tampil dalam 148 pertandingan reguler dengan rata-rata 12,9 poin, 8,5 rebound, dan 2,5 asis. Persentase tembakan keseluruhannya (FG%) mencapai 55,3 persen. Dengan efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) menyentuh 56,1 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) berada di angka 60 persen.

Sejak kedatangan Sabonis, Pacers juga berhasil menembus playoff. Mereka bahkan hampir menumbangkan Cleveland Cavaliers di putaran pertama pada 2018 lalu. Namun, akhirnya tumbang juga dengan kedudukan 3-4.

Pada 2019-2020, Kepala Pelatih Nate McMillan bermaksud menaikkan status Sabonis. Ia ingin anak asuhnya bermain sebagai starter dan memberikan kontribusi yang lebih besar dari sebelumnya. Peran perpanjangan kontrak pun menjadi krusial. Ia ada untuk mendorong motivasi Sabonis.

Dengan adanya pemain berkebangsaan Lithuania itu, Pacers sekaligus bisa mempertahankan inti kekuatan mereka. Tim asal Indianapolis itu akan senang memainkan Sabonis di samping Myles Turner, Malcolm Brogdon, dan Victor Oladipo. Apalagi mengingat target selanjutnya untuk melangkah lebih jauh dari musim-musim yang lalu. (put)

Foto: NBA

Komentar