IBL

Juara IBL 3x3 2019 Satria Muda Pertamina Jakarta akan berlaga di Tur Dunia 3x3 FIBA Jeddah, pada 18-19 Oktober 2019. Empat pemain yang berangkat adalah Christian Gunawan, Audy Bagastyo, Sandy Ibrahim, M. Dhiya’ul Haq. Mereka memakai nama North Jakarta.

Ini merupakan kesempatan kedua bagi Satria Muda mewakili Indonesia di ajang yang sama. Sebab pada tahun 2018 lalu, mereka juga menjuarai turnamen IBL 3x3. Di Chengdu, Cina, North Jakarta kalah dua kali di babak penyisihan. Mereka dihajar 5-22 oleh Riga (Latvia), dan menyerah 12-22 dari The Hague (Belanda). Pemain yang berlaga di Chengdu saat itu adalah Audy Bagastyo, Christian Gunawan, M. Rizal Falconi, dan Laurentius Steven Oei.

Terdapat perbedaan sistem pertandingan untuk tahun ini. North Jakarta tidak langsung lolos ke babak utama. Mereka harus menjalani babak kualifikasi dulu. North Jakarta berada di Grup A Kualifikasi bersama Tokyo (Jepang) dan JingAn (Cina). Tim peringkat teratas di kualifikasi grup ini akan masuk ke Grup C babak utama. Di dalamnya terdapat tim Jeddah (Saudi Arabia), serta tim peringkat empat dunia, Piran (Slovenia).

Dari tim Satria Muda yang berangkat tahun ini, terdapat dua nama yang sama yaitu Christian Gunawan dan Audy Bagastyo. Menurut Christian, Tur Dunia bukan turnamen yang mudah ditaklukkan. Bahkan sebelum memenangkan tiket ke Jeddah, ia merasa bahwa persaingan IBL 3x3 musim ini lebih berat dari tahun sebelumnya.

“Setiap pertandingan berjalan ketat, bahkan kami membuka seri dengan kekalahan dan harus berjuang keras untuk dapat lolos grup, persaingan ketat ini menunjukkan kualitas kompetisi yang makin meningkat,” ujarnya.

Rangkaian Tur Dunia 3x3 FIBA merupakan ajang tertinggi untuk tim-tim 3x3 profesional dunia. Jeddah menjadi kota ke-11 atau seri reguler terakhir tahun ini. Selanjutnya 12 tim peringkat teratas akan bertanding di Seri Final yang berlangsung di Utsonomiya, Jepang. Saat ini, tim Liman (Serbia) berada di urutan teratas klasemen sementara dunia, disusul tim Novi Sad yang juga dari Serbia. (tor)

Foto: fiba3x3.com

Komentar